Facebook Twitter In
Flag

NEWS

PT MANDOM INDONESIA TBK PERTAHANKAN PERTUMBUHAN PENJUALAN DOUBLE DIGIT

Di tahun 2012 PT Mandom Indonesia Tbk pertahankan pertumbuhan penjualan double digit dengan mencatatkan pertumbuhan 11,9% yaitu dari Rp 1,65 triliun di tahun 2011 menjadi Rp 1,85 triliun. Masing-masing penjualan domestik dan ekspor juga mencatatkan pertumbuhan double digit yaitu 10,2% dan 16,6% dibanding tahun sebelumnya. Pertumbuhan penjualan terbesar dicatatkan oleh produk kategori wangi-wangian yang tumbuh sebesar 15,7% yaitu dari Rp 424,22 miliar di tahun 2011 menjadi Rp 490,76 miliar.

Highlights hasil kinerja tahun 2012 dibanding tahun 2011:

  • Penjualan bersih tumbuh 11,9% dari Rp 1,65 triliun menjadi Rp 1,85 triliun.
  • Penjualan domestik tumbuh 10,2% dari Rp 1,22 triliun menjadi Rp 1,34 triliun.
  • Penjualan ekspor tumbuh 16,6% dari Rp 437,72 miliar menjadi Rp 510,17 miliar.
  • Beban pokok penjualan naik 11,0% dari Rp 1,05 triliun menjadi Rp 1,17 triliun.
  • Laba kotor tumbuh 13,4% dari Rp 601,33 miliar menjadi Rp 681,93 miliar.
  • Beban usaha naik 15,6% dari Rp 408,26 miliar menjadi Rp 471,84 miliar.
  • Laba usaha tumbuh 8,8% dari Rp 193,07 miliar menjadi Rp 210,09 miliar.
  • Penjualan produk kategori wangi-wangian mencatatkan pertumbuhan penjualan terbesar dari Rp 424,22 miliar menjadi Rp 490,76 miliar atau tumbuh 15,7%.
  • Laba bersih tumbuh 7,4% dari Rp 140,04 miliar menjadi Rp 150,37 miliar.
  • Laba per saham dasar sebesar Rp 748 /saham.

Sejumlah produk baru telah diluncurkan di tahun 2012 dan beberapa diantaranya merupakan produk yang masuk ke kategori baru bagi Mandom Indonesia. Contohnya di awal tahun diluncurkan produk impor Gatsby Moving Rubber untuk konsumen kelas menengah ke atas. Di kategori wangi-wangian diluncurkan GLAZELLE de Pucelle yang menargetkan pasar wanita yang lebih dewasa dari target market PUCELLE. Kemudian di kuartal akhir tahun 2012, Mandom Indonesia meluncurkan produk personal care untuk anak-anak yang menggunakan karakter Angry Birds. Ini merupakan kali pertama Mandom Indonesia memasuki pasar untuk konsumen anak-anak. Perluasan target market ini akan mendukung upaya pencapaian target pertumbuhan di masa depan.

 

Pembangunan Kantor Pusat & Pabrik Kosmetik Baru

Sebagai persiapan untuk pertumbuhan penjualan di masa depan, Mandom Indonesia akan memindahkan kantor pusat dan pabrik kosmetik yang saat ini berlokasi di Sunter ke Kawasan Industri MM2100 di Cibitung. Lahan seluas 148.000 m2 yang akan digunakan untuk ekspansi ini telah dibeli oleh Perseroan dengan dana hasil Penawaran Umum Terbatas III yang dilakukan pada tahun 2008.

Diatas tanah itu, akan dibangun kantor pusat dan pabrik kosmetik dimana konstruksi rencananya akan dimulai pada bulan Juni 2013 sampai dengan Desember 2014. Pemindahan peralatan produksi kosmetik dari pabrik Sunter ke pabrik baru ini akan dimulai pada bulan Januari 2015 dan diperkirakan memakan waktu sekitar tiga bulan.

Pemindahan kantor pusat dan pabrik kosmetik ini dilakukan terutama untuk mendukung pertumbuhan penjualan dan juga efisiensi produksi. Saat ini Mandom Indonesia mempunyai dua pabrik yaitu di Sunter dan Kawasan Industri MM2100-Cibitung. Pabrik Sunter sudah tidak mempunyai cukup ruang untuk ekspansi produksi dan juga proses yang saat ini berjalan adalah kemasan plastik dikirim dari Cibitung ke Pabrik Sunter untuk melalui tahap filling dan kemudian produk jadi dikirim ke Logistic Center yang ada di Pabrik Cibitung. Setelah pemindahan, proses akan berjalan lebih efisien karena berada dalam satu kawasan industri yang sama. Selain itu masih ada beberapa hal lain yang menjadi pertimbangan seperti lokasi Pabrik Sunter yang rawan banjir, tingkat kemacetan, dan lain-lain.

Pemindahan kantor pusat dan pabrik kosmetik ini merupakan langkah Mandom Indonesia untuk mencapai skala penjualan Rp 3 triliun yang direncanakan dapat dicapai pada tahun 2016. PT Mandom Indonesia Tbk yang sebelumnya dikenal sebagai PT Tancho Indonesia, memulai produksi komersial pada 1971. Saat ini Perseroan memproduksi produk perawatan rambut, perawatan kulit, make-up, wangi-wangian, dan lain-lain termasuk kemasan plastik. Merek-merek fokus termasuk Gatsby untuk pasar pria dan Pixy untuk pasar wanita. Selain itu, Mandom Indonesia juga memproduksi produk Pucelle, Lovillea, Miratone, Tancho, Mandom, Spalding, Johnny Andrean, dll. Tahun ini Mandom Indonesia menargetkan pencapaian penjualan sebesar Rp 2 triliun.