Facebook Twitter In
Flag

 

 

TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN SUSTAINABILITY

Dalam menjalankan bisnisnya Perseroan senantiasa memegang teguh semangat “Oyakudachi“, yaitu semangat memberikan manfaat, termasuk bagi lingkungan sekitar. Oleh karenanya, tanggung jawab sosial dan sustainability merupakan salah satu fokus Perseroan dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan. Dalam mewujudkan hal tersebut ada empat pilar yang Perseroan percaya sebagai kunci untuk mencapai pembangunan berkelanjutan di masyarakat yaitu Ekonomi, Manusia, Lingkungan, dan Tata Kelola Perusahaan yang Baik.

EKONOMI

Isu finansial seringkali dianggap sebagai alasan utama dari berbagai masalah di masyarakat. Manusia menggunakannya sebagai pembenaran dari tingkah laku negatif mereka. Tidak memandang status sosial ekonomi apapun, mereka yang tidak bisa mengelola keuangan, tidak akan bisa menikmati pendapatan mereka. Oleh karenanya, mencapai kebebasan finansial penting agar manusia bisa menikmati kehidupannya. Kebebasan finansial berarti bisa membuat keputusan besar dalam hidup tanpa dipusingkan dengan masalah keuangan. Hal ini dimungkinkan dengan pengelolaan pendapatan, mengetahui kemana uang datang dan pergi, dan tidak hanya menabung tapi juga berinvestasi.

Melihat hal tersebut, sejak tahun 2017 Perseroan mulai aktif mempromosikan literasi keuangan untuk mendorong kebebasan finansial dan akan menjadi fokus utama Perseroan dalam bidang ekonomi. Adapun kegiatan yang telah dilakukan dalam mewujudkan hal tersebut antara lain:

Kampanye Yuk Nabung Saham

Bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia, Perseroan menyelenggarakan kampanye Yuk Nabung Saham secara internal sebagai bentuk edukasi Pasar Modal kepada karyawan Perseroan. Dalam kampanye, ini karyawan diajak untuk mengenal pasar modal, mengetahui alternatif investasi dan juga risikonya. Melalui kampanye Yuk Nabung Saham, Perseroan berharap dapat menambah pengetahuan karyawan terhadap literasi finansial sehingga mereka bisa lebih bijak dalam mengatur keuangannya.

 

LINGKUNGAN

Kegiatan manufaktur memproduksi limbah industri yang bisa berbahaya bagi lingkungan. Kemasan produk menumpuk menciptakan gunung sampah dan Perseroan sadar akan hal tersebut. Oleh karenanya, dalam menjalankan bisnisnya, Perseroan berkomitmen untuk menciptakan pertumbuhan bisnis yang sejalan dengan peningkatan kualitas lingkungan. Untuk itu, kegiatan bisnis yang ramah bagi lingkungan diwujudkan Perseroan melalui:

  • Pengolahan dan Pengawasan Limbah

Perseroan berkomitmen untuk terus mengurangi dampak negatif dari limbah yang dihasilkan. Hal tersebut diwujudkan Perseroan dengan menjaga lingkungan dan membangun instalasi pengolahan limbah agar limbah yang dihasilkan aman bagi lingkungan sekitar. Setiap harinya air olahan limbah dikontrol secara ketat oleh tim pemantau limbah dan Departemen Quality Control. Selain itu, limbah juga dipantau setiap bulan oleh pengelola Kawasan Industri MM 2100, Bekasi. Kemudian, hasil pemantauan dan controlling yang telah dilakukan, dilaporkan setiap 6 bulan sekali ke Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) dan dimasukkan ke Laporan Implementasi Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL & RPL) yang kemudian dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup.

Sementara itu, untuk limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Perseroan telah memiliki izin untuk menyimpan sementara limbah B3, yang kemudian limbah tersebut diangkut oleh pihak ketiga.

  • Mewujudkan Lingkungan Kerja yang Sehat

Perseroan senantiasa berupaya untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat bagi karyawannya. Oleh karenanya, dalam upaya menjaga kualitas udara di lingkungan Perseroan, penghijauan di sekitar Perseroan terus dilakukan. Selain itu Perseroan juga secara rutin melakukan uji emisi terhadap kendaraan boiler maupun emisi cerobong. Sedangkan untuk menjaga lingkungan kerja, Perseroan secara rutin melakukan pengecekan ambient (kondisi udara) ruang produksi dan kebisingan ruangan.

  • Menciptakan Produk yang Aman Bagi Lingkungan

Perseroan berkomitmen untuk terus mengembangkan produk yang bermanfaat dan berkualitas namun tetap bersinergi baik dengan lingkungan. Oleh karenanya, dalam proses pengembangan produk, Perseroan senantiasa menerapkan kebijakan 3R, yaitu Reduce, Reuse dan Recycle tanpa mengurangi kepuasan konsumen dari segi mutu, fungsi dan desain. Hal tersebut diwujudkan Perseroan dengan menawarkan produk kemasan refill pada beberapa produknya, seperti GATSBY Body Shower Gel, PIXY Two Way Cake, dan lain-lain. Selain itu, saat ini Perseroan juga telah mengganti beberapa bahan baku menjadi bahan baku yang ramah lingkungan. Hal tersebut merupakan wujud komitmen Perseroan dalam mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan Perseroan terhadap lingkungan.

  • Berpartisipasi dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan

Perseroan berkomitmen untuk terus aktif berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan. Hal tersebut diwujudkan Perseroan dalam beberapa kegiatan yang telah dilakukan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, antara lain berpartisipasi dalam Program Penghijauan Sejuta Pohon di Kabupaten Bekasi dimana nantinya pohon-pohon ini akan ditanam di berbagai area di Kabupaten Bekasi.

Selain itu, pada bulan Agustus 2018 lalu, PT Mandom Indonesia Tbk bekerja sama dengan BeFa (Bekasi Fajar, Kawasan Industri MM2100) telah menanam ratusan pohon Mangrove di kawasan Desa Pantai Bahagia, Muaragembong, Bekasi. Mangrove merupakan tanaman yang bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di daerah pesisir pantai. Antara lain, meredam sekitar 50%-60% gelombang tsunami dan laju abrasi, mensterilkan air laut yang asin menjadi tawar, hingga sebagai tempat rekreasi dan eco-wisata.

  • Mekanisme Pengaduan Masalah Lingkungan

Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan mengenai masalah lingkungan yang menyangkut Perseroan dapat menghubungi saluran telepon ataupun mengisi form yang tersedia di halaman “Contact Us” pada situs web Perseroan. Sepanjang tahun 2018 tidak ada pengaduan mengenai masalah lingkungan.

 

MANUSIA

TANGGUNG JAWAB TERHADAP KONSUMEN

Dalam mewujudkan tanggung jawabnya terhadap konsumen, Perseroan berkomitmen untuk menciptakan produk terbaik yang senantiasa dapat memberikan inspirasi dan kesan baik bagi konsumen. Dalam mewujudkan hal tersebut, Perseroan secara ketat melakukan pengawasan proses produksi dari mulai proses awal hingga produk sampai di tangan konsumen. Tidak hanya itu, Perseroan juga secara teliti melakukan tes terhadap bahan baku yang digunakan sesuai dengan standar Mandom Corporation, Jepang juga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan produk Halal, pada tahun 2018 hampir seluruh produk Perseroan telah mendapatkan sertifikat Halal. Perseroan pun telah memasang label Halal pada produk yang telah memiliki sertifikasi Halal.Dengan didapatkannya sertifikasi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi konsumen dalam menggunakan produk-produk Perseroan.

Sementara itu, dalam upaya menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, Perseroan juga menyediakan layanan suara konsumen melalui saluran telepon maupun media sosial yang siap menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi keluhan dari konsumen. Perseroan berharap melalui kedua layanan tersebut, konsumen dapat merasa lebih dekat dengan Perseroan dan memperkuat kepercayaan konsumen akan produk-produk Perseroan.

 

TANGGUNG JAWAB TERHADAP MASYARAKAT

Perseroan berkomitmen untuk membangun bisnis yang memberikan manfaat bagi setiap elemen masyarakat. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, sepanjang tahun 2018 Perseroan telah menyelenggarakan dan ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan sosial, antara lain:

  • Yokoso! Mandom

Yokoso! Mandom merupakan program factory visit yang diselenggarakan oleh Perseroan dalam upaya menjalin hubungan baik dengan dunia pendidikan dan masyarakat luas. Melalui program “Yokoso” Mandom yang berarti selamat datang dalam bahasa Jepang, Perseroan ingin menyambut baik komunitas maupun institusi pendidikan yang ingin mengenal lebih dekat proses bisnis Perseroan. Selain factory visit, peserta juga akan diberikan pengetahuan grooming agar mereka dapat menjaga penampilan secara maksimal. Sepanjang tahun 2018 sebanyak 13 institusi dan komunitas telah mengikuti program Yokoso! Mandom ini dengan total peserta sebanyak lebih dari 1.000 orang.

  

 

  • Peluang Pekerjaan Bagi Tenaga Kerja Lokal

Perseroan mengakomodir tenaga kerja di sekitar lingkungan pabrik Perseroan melalui kerja sama dengan aparat desa-desa setempat dalam penyaluran tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan yang disyaratkan oleh Perseroan. Dalam proses penyaringan tenaga kerja, Perseroan memastikan tidak ada pungutan biaya ataupun permintaan imbalan dalam bentuk apapun.

  • Donasi Quick Action

Sehubungan dengan adanya bencana yang telah terjadi di beberapa daerah, Perseroan pun mengadakan Donasi Quick Action yang juga mengajak karyawan Perseroan untuk ikut berdonasi yang diharapkan dapat membantu meringankan beban para korban bencana alam. Pada tahun 2018, Perseroan telah melakukan Donasi Quick Action untuk korban bencana alam gempa dan tsunami di Lombok, Palu dan Donggala.



 

TANGGUNG JAWAB TERHADAP KARYAWAN

Sesuai dengan Misi Perseroan yaitu Perusahaan yang berorientasi pada manusia (Human to Human), Perseroan senantiasa menghargai setiap sumber daya manusia yang ada didalamnya. Untuk itu, Perseroan terus berupaya menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang kondusif, serta memenuhi hak-hak karyawan seperti, fasilitas kesehatan, keamanan & keselamatan dalam bekerja, hingga pengembangan karir.

Upaya tersebut dibuktikan Perseroan dengan diraihnya kembali sertifikasi WRAP (Worldwide Responsible Accredited Production) oleh Perseroan untuk ketiga kalinya. Dengan mendapatkan sertifikasi WRAP, membuktikan bahwa Perseroan telah mengimplementasikan kegiatan bisnis yang aman dalam proses produksi, patuh terhadap peraturan perundang-undangan mengenai lingkungan, dan senantiasa memenuhi hak-hak karyawannya.

Adapun prinsip-prinsip WRAP yang menyangkut ketenagakerjaan sebagai berikut:

  • Tidak Melakukan Kerja Paksa Terhadap Karyawan  

Sebagai Perusahaan yang berorientasi pada Manusia, Perseroan sangat menjunjung tinggi hak para karyawannya. Sehingga dalam proses bisnisnya, Perseroan tidak akan mempekerjakan karyawan secara paksa, tidak sukarela maupun perdagangan orang.  Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP (Standard Operating Procedure) mengenai Penggunaan Tenaga Kerja, dimana Perseroan secara aktif mengkomunikasikan larangan kerja paksa, mencantumkan larangan kerja paksa dalam surat kontrak kerja yang ditanda-tangani kedua belah pihak, melakukan pengecekan fisik terhadap pekerja setiap datang dan pulang sesuai norma kesopanan, dan secara rutin petugas melakukan pengecekan untuk memastikan tidak adanya praktik kerja paksa di lingkungan Perseroan.

  • Tidak Mempekerjakan Pekerja Dibawah Umur

Dalam menjalankan bisnisnya, Perseroan tidak mempekerjakan tenaga kerja dibawah umur. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP Larangan Penggunaan Tenaga Kerja Dibawah Umur, dimana Perseroan melakukan verifikasi umur terhadap calon karyawannya melalui data dan wawancara, serta mengkomunikasikan secara aktif larangan penggunaan pekerja dibawah umur kepada seluruh karyawan dan pihak outsourcing.

  • Melarang Keras Pelecehan dan Penyiksaan

Perseroan melarang keras pelecehan dan penyiksaan di lingkungan Perseroan. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP mengenai Larangan Pelecehan dan Penyiksaan, dimana Perseroan secara aktif mengkomunikasikan larangan pelecehan dan penyiksaan terhadap seluruh stakeholder, melakukan monitoring secara berkala, dan menjamin setiap pelaporan tindakan pelecehan dan penyiksaan akan ditindak-lanjuti secepatnya.

  • Memberikan Upah dan Manfaat sesuai Ketentuan

Upah  dan Manfaat

Perseroan senantiasa berupaya memberikan upah dan manfaat sesuai dengan standar yang ditentukan. Hal ini dilakukan sebagaimana yang tercantum pada Perjanjian Kerja Bersama, yang telah ditanda-tangani oleh Perseroan dan Serikat Pekerja. Adapun selain upah, beberapa manfaat yang karyawan dapatkan antara lain tunjangan hari raya, dan kerja lembur serta jaminan pemeliharaan kesehatan dan sosial terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Dana Pensiun Bagi Karyawan

Sebagai wujud komitmen Perseroan dalam menciptakan masa depan karyawan yang lebih sejahtera, Perseroan juga menyelenggarakan Pelatihan Persiapan Pensiun dan program Dana Pensiun Pemberi Kerja dengan sistim manfaat pasti dimana mulai tahun 2014 Perseroan menerapkan sistim iuran pasti untuk keanggotaan yang baru. Pada mulanya, Dana Pensiun didirikan dan dikelola oleh Yayasan Tancho Indonesia sejak tahun 1992. Namun pada tahun 1996 telah dirubah menjadi Dana Pensiun Mandom Indonesia. Perubahan tersebut dilakukan seiring dengan ketentuan Undang-Undang No.11 Tahun 1992 Tentang Dana Pensiun. Pada saat ini Dana Pensiun memiliki 1.587 peserta.

 

  • Mempekerjakan Karyawan Sesuai Dengan Waktu yang Ditentukan

Perseroan mempekerjakan karyawannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Adapun untuk penambahan jam kerja, telah disetujui oleh karyawan dengan mendapatkan penambahan upah sesuai jam kerja, dan penambahan jam kerja tidak akan melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

  • Larangan Diskriminasi

Perseroan melarang praktek diskriminasi dalam kegiatan bisnisnya. Perseroan senantiasa mempekerjakan, menggaji dan mempromosikan karyawan secara objektif tanpa melihat SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan). Sehingga kegiatan pengembangan karir menjadi hak seluruh pekerja. Hal ini dibuktikan dengan penyelenggaraan kegiatan pengembangan karir yang diberlakukan bagi seluruh karyawan, yang telah disesuaikan dengan masing-masing jabatan, sehingga diharapkan pengembangan karir dapat dilakukan secara maksimal. Beberapa training/pelatihan yang diikuti oleh karyawan di tahun 2018 antara lain:

No.Training
1 Careerpath & Succession Planning
2 Communication Branding & Digital Media
3 The 29th Asean Cosmetic Committee
4 Professional Coach Certification Program
5 Manajemen Risiko Dana Pensiun
6 Risk Assesment
7 Ergonomic K3
8 Safety Riding
9 HPE Hybrid IT Summit 2018
10 Color & Fragrance Development

 

Selain itu, untuk karyawan baru, Perseroan juga menyelenggarakan program orientasi karyawan baru yang bertujuan agar karyawan bisa mengetahui hak-nya sebagai karyawan, dan memahami bisnis Perseroan secara keseluruhan.

  • Senantiasa Memperhatikan Kesehatan, Keamanan dan Keselamatan Kerja

Perseroan senantiasa berupaya memperhatikan karyawannya termasuk dalam hal kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja diwujudkan Perseroan  melalui berbagai kegiatan, antara lain :

Medical Check-Up

Dalam menjaga kesehatan para karyawan, Perseroan secara rutin menyelenggarakan medical check-up dan seminar kesehatan bagi seluruh karyawan. Diharapkan, dengan mengadakan kegiatan tersebut karyawan dapat mengontrol dan mencegah beberapa penyakit yang timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti bahaya kolesterol dan penyakit jantung. Selain itu, Perseroan juga menyediakan klinik bagi karyawan yang sedang sakit atau membutuhkan pertolongan pertama saat berada di lingkungan Perseroan.

Pink Walk

Dalam rangka menyambut bulan kepedulian Kanker Payudara, pada bulan Oktober 2018 lalu, Perseroan ikut berpatisipasi dalam kegiatan Pink Walk yang diselenggarakan oleh Yayasan Daya Dara Indonesia (Lovepink). Dalam acara ini juga, Perseroan mengajak karyawan untuk berperan aktif untuk menjadi Pink Warriors, yaitu agen kepedulian kanker payudara dengan berbagi pengetahuannya terkait pentingnya deteksi dini kanker payudara kepada keluarga dan rekan-rekannya.

 

Pojok ASI

Perseroan juga ikut mendukung pemberian ASI esklusif dengan menyediakan Pojok ASI bagi tenaga kerja wanita yang sedang menyusui.

Menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

Keselamatan kerja menjadi prioritas Perseroan sebagai perusahaan manufaktur. Oleh karenanya, untuk mewujudkan keselamatan dan kesehatan kerja, Perseroan telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Penerapan ini merupakan komitmen Perseroan terhadap mutu, keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan bagi seluruh manajemen, karyawan dan masyarakat. Untuk mendukung penerapan tersebut, Perseroan secara rutin mengikutsertakan karyawan dan mengadakan beberapa pelatihan antara lain, latihan evakuasi kebakaran hingga pelatihan terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Hingga tahun 2018 total karyawan yang memiliki sertifikasi ahli K3 sebanyak 591 orang.

Perseroan juga secara berkala melakukan pemeriksaan sarana dalam mendukung Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) melalui tim K3 Perseroan. Selain itu kesadaran akan pentingnya K3 terus Perseroan lakukan melalui poster-poster yang dipasang di area kantor dan pabrik Perseroan, media internal “Halo Mandom”, serta berbagai kegiatan sosialisasi dan edukasi yang dilakukan secara regular setiap tahunnya. Perseroan juga memiliki video prosedur keselamatan (safety induction) yang wajib di putar sebelum acara/kegiatan yang dilakukan di lingkungan Perseroan.

Selain itu, Perseroan juga mengevaluasi program Keselamatan dan Kesehatan kerja yang telah dilakukan dengan terus memantau tingkat kecelakaan kerja. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Untuk itu, Perseroan menargetkan zero accident selama periode 2018. Realisasi sampai dengan akhir tahun 2018 tercatat 13 kecelakaan di lingkungan Perseroan namun tidak ada yang bersifat fatal atau menimbulkan korban jiwa.

 

  • Menghormati Kebebasan Karyawan dalam Berserikat & Berunding

Perseroan menghormati hak karyawannya untuk melaksanakan hak-hak mereka yang sah, untuk berunding bersama. Hal ini dibuktikan dengan adanya Serikat Pekerja yang selalu dilibatkan dalam pembuatan Perjanjian Kerja Bersama.

 

Perseroan menjunjung tinggi hak setiap karyawannya. Mekanisme pengaduan masalah ketenagakerjaan diatur dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang diperbaharui setiap 2 (dua) tahun dan dibagikan kepada seluruh karyawan Perseroan. Selain melalui mekanisme whistleblowing, karyawan dapat menyampaikan keluhan/pengaduan kepada atasan langsung dimana jika tidak dapat diselesaikan, karyawan dapat menyampaikan kepada serikat pekerja dan juga dapat dilakukan konsultasi dengan mediator hubungan industrial Pancasila/peradilan hubungan industrial berdasarkan Perundangan yang berlaku.

 

GOOD CORPORATE GOVERNANCE

Bisnis harus berkomitmen pada usaha berkelanjutan. Baik dari segi lingkungan, manusia atau mengelola perusahaan secara berkelanjutan. Yang terakhir dapat diwujudkan melalui penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik yang dapat memastikan pertumbuhan Perseroan yang berkelanjutan.

Transparansi, akuntabilitas, tanggung jawab, idependensi dan keadilan. Semuanya bertujuan untuk mengelola perusahaan secara profesional dan tidak menyediakan ruang untuk proses pengambilan keputusan yang bias. Sebagai perusahaan yang telah mencatatkan saham di bursa saham, pentingnya mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik adalah suatu keharusan untuk menjaga kepercayaan pemegang saham terhadap perusahaan.

 

 

Menciptakan Regulasi Demi Terciptanya Pertumbuhan Bisnis Yang Berkelanjutan

Pengelolaan perusahaan secara berkelanjutan hanya dapat diwujudkan melalui dukungan dari manusia-manusia di dalam perusahaan yaitu karyawan. Oleh karena itu, Perseroan berkomitmen untuk melaksanakan perbaikan berkesinambungan secara internal untuk memastikan bahwa komitmen terhadap berkelanjutan dilaksanakan sepenuh hati melalui berbagai hal antara lain membuat regulasi anti-korupsi, gratifikasi, dan penyelewengan serta mempersiapkan whistleblowing system. Selain itu, Perseroan juga menggalakkan edukasi internal melalui saluran  komunikasi salah satunya media internal “Halo Mandom” terkait dengan misi dan nilai-nilai Perseroan, code of conduct Perseroan hingga risk management system. Perseroan berkomitmen untuk terus memperbaiki tata kelola perusahaan, dengan demikian Perseroan dapat mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Perseroan berkomitmen akan senantiasa meningkatkan kepedulian terhadap karyawannya, baik dari segi kesehatan, keamanan, keselamatan kerja hingga pengembangan karirnya dari waktu ke waktu. Dan diharapkan hal tersebut dapat menurunkan tingkat turn over karyawan yang di tahun 2018 tercatat sebesar 7,8%.

Adapun total biaya yang dikeluarkan Perseroan untuk kegiatan tanggung jawab sosial sepanjang tahun 2018 adalah sebesar Rp 3,3 miliar dengan rincian sebagai berikut :

  • Ketenagakerjaan               : Rp 2,7 miliar
  • Lingkungan                       : Rp 630 juta