Facebook Twitter In
Flag

NEWS

PERSAINGAN SEMAKIN KETAT, MANDOM INDONESIA TERUS LUNCURKAN PRODUK BARU

Tahun 2018 merupakan tahun yang cukup menantang bagi industri consumer goods, termasuk Mandom Indonesia. Meskipun pengeluaran konsumsi rumah tangga masih mencatatkan pertumbuhan yang positif, namun pola konsumsi konsumen memperlihatkan adanya tren perubahan. Untuk itu, Mandom Indonesia mengambil beberapa langkah strategis yaitu selain meluncurkan beberapa produk baru, juga berkonsentrasi pada penjualan produk-produk yang bersifat fast moving di pasar domestik serta meningkatkan total jumlah produk yang termasuk dalam kategori fast moving.

 

Jika dilihat berdasarkan kategori, kategori skin care dan make up masih tumbuh cukup baik sebesar 7,1% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini salah satunya didorong oleh beberapa produk baru PIXY yaitu seri PIXY 4 Beauty Benefits dan PIXY Make It Glow. Sementara itu produk perawatan rambut dan wangi-wangian masing-masing turun sebesar 9,7% dan 7,1% seiring dengan semakin ketatnya persaingan.

Berikut highlights hasil kinerja tahun 2018 dibanding tahun 2017:

  • Penjualan bersih turun 2,1% dari Rp 2,71 triliun menjadi Rp 2,65 triliun 
  • Penjualan domestik turun 5,6% dari Rp 2,06 triliun menjadi Rp 1,95 triliun
  • Penjualan ekspor tumbuh 9,0% dari Rp 640,44 miliar menjadi Rp 697,99 miliar
  • Beban pokok penjualan turun 0,8% dari Rp 1,70 triliun menjadi Rp 1,68 triliun
  • Laba kotor turun 4,4% dari Rp 1,01 triliun menjadi Rp 962,96 miliar
  • Beban usaha turun 0,5% dari Rp 781,66 miliar menjadi Rp 777,84 miliar
  • Laba usaha turun 17,8% dari Rp 225,32 miliar menjadi Rp 185,12 miliar
  • Laba bersih turun 3,4% dari Rp 179,13 miliar menjadi Rp 173,05 miliar

 

Meskipun kondisi pasar belum cukup kondusif, kedepannya Mandom Indonesia akan terus mendorong penjualan melalui inovasi pada beberapa merek yang dimilikinya seperti PIXY, GATSBY, PUCELLE dan lainnya. Pasar domestik masih menjadi kontributor terbesar penjualan Mandom Indonesia yang menyumbang sebesar 76% terhadap total penjualan. Sementara sisanya 24% disumbang oleh penjualan ekspor. Untuk itu di tahun 2019 Mandom Indonesia akan berupaya untuk mencatatkan pertumbuhan 5-10% secara keseluruhan.