Facebook Twitter In
Flag

NEWS

DITENGAH BERBAGAI TANTANGAN, LABA BERSIH MANDOM INDONESIA TUMBUH DOUBLE DIGIT

Tahun 2017 merupakan tahun yang cukup menantang khususnya bagi industri consumer goods. Namun demikian, Mandom Indonesia mampu mencatatkan laba bersih sebesar Rp 179,13 miliar atau tumbuh 10,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Berikut highlights hasil kinerja tahun 2017 dibanding tahun 2016:

  • Penjualan bersih tumbuh 7,1% dari Rp 2,53 triliun menjadi Rp 2,71 triliun 
  • Penjualan domestik tumbuh 10,1% dari Rp 1,88 triliun menjadi Rp 2,07 triliun
  • Penjualan ekspor turun 1,5% dari Rp 650,48 miliar menjadi Rp 640,44 miliar
  • Beban pokok penjualan naik 7,4% dari Rp 1,58 triliun menjadi Rp 1,70 triliun
  • Laba kotor tumbuh 6,6% dari Rp 944,32 miliar menjadi Rp 1,01 triliun
  • Beban usaha naik 15,8% dari Rp 162,99 miliar menjadi Rp 188,81 miliar
  • Laba usaha tumbuh 14,5% dari Rp 196,73 miliar menjadi Rp 225,32 miliar
  • Laba bersih tumbuh 10,5% dari Rp 162,06 miliar menjadi Rp 179,13 miliar

 

Ditengah daya beli konsumen yang menunjukkan perlambatan, penjualan domestik mampu tumbuh 10,1% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan di pasar domestik ini didorong oleh beberapa produk fast-moving yang menjadi fokus Mandom Indonesia. Sementara itu, penjualan ekspor tercatat sebesar Rp 640,44 miliar atau melemah 1,5% dibandingkan tahun sebelumnya yang disebabkan oleh gejolak politik, sulitnya regulasi, ketatnya persaingan dan maraknya produk palsu di beberapa negara tujuan ekspor.

 

Jika dilihat berdasarkan kategori, produk perawatan rambut sebagai kontributor terbesar tumbuh 18,4% dibandingkan tahun sebelumnya yang terutama didorong oleh penjualan GATSBY Styling Pomade. Suksesnya GATSBY Styling Pomade memotivasi Mandom Indonesia untuk terus mengeluarkan varian baru diantaranya GATSBY Styling Pomade Urban Dry dan GATSBY Styling Pomade Perfect Rise yang diperkenalkan di tahun 2017. Sementara itu, produk perawatan kulit dan wajah tumbuh 11,8% dibandingkan tahun sebelumnya yang didorong oleh merek PIXY khususnya decorative makeup seperti PIXY Lip Cream. Melihat antusiasme konsumen terhadap PIXY Lip Cream, di tahun 2017 PIXY Lip Cream hadir dengan warna terbaru yang sesuai dengan trend konsumen saat ini.

 

Pasar domestik masih menjadi kontributor terbesar penjualan Mandom Indonesia yang menyumbang sebesar 76% terhadap total penjualan. Sementara sisanya 24% disumbang oleh penjualan ekspor. “Kami percaya pasar domestik akan terus tumbuh seiring dengan pertumbuhan penduduk khususnya penduduk usia produktif. Di pasar internasional, kami percaya peluang untuk memperkenalkan produk-produk kami masih terbuka lebar. Oleh karena itu, kami akan terus berupaya untuk menyediakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen domestik maupun internasional”, kata Tatsuya Arichi, Presiden Direktur/CEO Mandom Indonesia.

Bekasi, 21 Maret 2018                

                                                                                                                                                                     Ttd,                               

                                                                                                                                                                                                     Tatsuya Arichi                     

                                                                                                                                                                                                      Presiden Direktur/ CEO             

 

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :

Alia Dewi/Reza Azianur (Corporate Secretary PT Mandom Indonesia Tbk)

Telp: 021 29809500, Fax: 021 29809501

E-mail:  corporatesecretary@mandom.co.id / reza.azianur@mandom.co.id