Facebook Twitter In
Flag

NEWS

MANDOM INDONESIA CATAT PERTUMBUHAN LABA BERSIH DOUBLE DIGIT

Hingga semester satu 2017 Mandom Indonesia mencatatkan kinerja positif. Tercatat penjualan Mandom Indonesia hingga 30 Juni 2017 sebesar Rp 1,4 triliun atau tumbuh 9,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Adapun pertumbuhan tersebut didorong oleh penjualan di pasar domestik dan penjualan ekspor dimana masing-masing tumbuh 9,2% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Kinerja positif tersebut tercatat hingga bottom line dimana laba bersih tumbuh 26,8% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Jika dilihat per kategorinya, penjualan masih didorong oleh kategori perawatan rambut yang tercatat sebesar Rp 621 miliar atau tumbuh 21,6% jika dibandingkan semester satu tahun 2016. Pencapaian ini terutama didorong oleh kinerja produk GATSBY Styling Pomade yang mampu mempertahankan pertumbuhan penjualan double digit. Untuk memperkuat penetrasi pasar produk tersebut, pada semester kedua tahun lalu Mandom Indonesia juga telah meluncurkan GATSBY Styling Pomade dengan kemasan sachet. Sementara itu, kategori Perawatan Kulit dan Rias tumbuh 4% dan kategori Wangi-wangian turun 4%.

Berikut highlights hasil kinerja Mandom Indonesia semester satu tahun 2017 dibandingkan semester satu tahun 2016 :

  • Penjualan bersih tumbuh 9,2% dari Rp 1,2 triliun menjadi Rp 1,4 triliun 
  • Penjualan domestik tumbuh 9,2% dari Rp 963,2 miliar menjadi 1,1 triliun
  • Penjualan ekspor tumbuh 9,2% dari Rp 302,3 miliar menjadi 330,0 miliar
  • Beban pokok penjualan naik 10,7% dari Rp 765,1 miliar menjadi Rp 846,8 miliar
  • Laba kotor tumbuh 6,7% dari Rp 487,3 miliar menjadi Rp 520,2 miliar
  • Beban usaha naik 3,4% dari Rp 394,0 miliar menjadi Rp 407,5 miliar
  • Laba usaha tumbuh 20,8% dari Rp 93,3 miliar menjadi Rp 112,6 miliar
  • Laba bersih tumbuh 26,8% dari Rp 77,6 miliar menjadi Rp 98,4 miliar

 

Tahun 2017 merupakan tahun awal pelaksanaan periode Rencana Manajemen Jangka Menengah 3-Tahun yang ke-5 (MID-5) yang berlangsung sampai dengan tahun 2019. Dalam periode ini, Mandom Indonesia menetapkan tema “Challenge, Change, Innovation (Continuously Performing)” dengan target pertumbuhan penjualan double digit setiap tahunnya. Oleh karenanya, sepanjang tahun 2017, Mandom Indonesia akan terus mengamati perkembangan pasar, menghadirkan produk-produk yang inovatif, berkualitas dan memiliki daya saing baik di pasar domestik maupun internasional.

                                                                                                                                                                                                        Bekasi,  28 Juli 2017

 

                                                                                                                                                                                                                    Ttd,

                                                                                                                                                                                                            Tatsuya Arichi

                                                                                                                                                                                                      Presiden Direktur/ CEO

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :

Alia Dewi/Reza Azianur (Corporate Secretary PT Mandom Indonesia Tbk)

Telp: 021 29809500, Fax: 021 29809501

E-mail:  corporatesecretary@mandom.co.id / reza.azianur@mandom.co.id