Facebook Twitter In
Flag

NEWS

KINERJA PT MANDOM INDONESIA TBK TAHUN 2015

Tahun 2015 merupakan tahun yang cukup berat bagi Mandom Indonesia. Selain kondisi ekonomi domestik dan global yang belum kondusif, peristiwa kebakaran yang terjadi di area produksi aerosol pada pertengahan tahun lalu cukup berdampak besar pada kinerja Mandom Indonesia. Dengan berbagai rintangan yang dihadapi tersebut tercatat sepanjang tahun 2015 penjualan Perseroan Rp 2.315 miliar atau tumbuh 0,3% dibanding tahun sebelumnya.

 

Penjualan domestik sebagai kontributor terbesar masih mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,6% menjadi Rp 1.697 miliar di tahun 2015. Beberapa strategi telah dilakukan Mandom Indonesia dalam upaya mengejar ketertinggalan akibat berbagai kendala yang dihadapi pasca peristiwa kebakaran antara lain, memfokuskan penjualan pada produk fast moving agar produk yang dikeluarkan dapat dengan cepat diserap oleh pasar, menambah 12 titik distribusi yang tersebar di seluruh area di Indonesia khususnya di Kawasan Indonesia Timur, dan aktif melakukan kegiatan iklan dan promosi tahunan maupun kegiatan baru seperti penyelenggaraan PIXY Beauty Career Goes to Campus, PIXY Young Inspiring Award, GATSBY 1st Barbers Competition, hingga penayangan iklan TV baru di media televisi dan online.

 

Dari segi ekspor, tercatat penjualan ekspor pada tahun 2015 Rp 618 miliar, atau turun 12,0% dari tahun 2014 sebesar Rp 702 miliar. Penurunan ini merupakan dampak dari terbatasnya suplai produk yang mengandung aerosol, karena selama ini produk aerosol memiliki kontribusi yang cukup besar pada penjualan ekspor yaitu sebesar 17%. Untuk itu, beberapa upaya terus dilakukan untuk mempertahankan kinerja penjualan ekspor, antara lain dengan memperkuat penjualan produk non-aerosol di beberapa negara, menjalin kerjasama dengan Perusahaan OEM (Original Equipment Manufacturer) di dalam dan luar negeri dalam upaya memenuhi permintaan produk yang mengandung aerosol.

 

Sementara itu, dari segi profitabilitas, tercatat laba bersih di tahun 2015 sebesar Rp 544 miliar atau tumbuhtumbuh 209,7% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini sebagian besar dikontribusikan oleh laba dari penjualan tanah, bangunan kantor dan pabrik Perseroan di Sunter, Jakarta Utara.

 

Atas seluruh hasil yang telah dicapai di tahun 2015, Mandom Indonesia ingin berterima kasih kepada seluruh pihak yang terus mendukung selama ini. Dan selanjutnya, Perseroan akan fokus untuk mewujudkan pertumbuhan penjualan double digit untuk dapat mencapai target penjualan Rp 3 triliun di tahun 2017.

 

                                                                                                                                                                                                     Bekasi, 21 Maret 2016                

                                                                                                                                               

                                                                                                                                                                                                          Ttd,

                                                                                                                                                                                                 Muhammad Makmun Arsyad

                                                                                                                                                                                                      Presiden Direktur/CEO

 

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi :

Alia Dewi/Reza Azianur (Corporate Secretary PT Mandom Indonesia Tbk)

Telp: 29809500, Fax: 29809501

E-mail: corporatesecretary@mandom.co.id