Facebook Twitter In
Flag

MANDOM'S PHILOSOPHY

Menghadirkan Kehidupan yang Lebih Menyenangkan, Indah, dan Sehat Merasakan keindahan dan perasaan kegembiraan dan kepuasan yang dihasilkan oleh keindahan, mempunyai pengaruh yang positif bagi tubuh dan pikiran manusia, dan pada akhirnya membuahkan kesehatan. Inilah sebabnya mengapa kami mengacu pada kata-kata, "kesehatan dan keindahan".

Dalam pendapat kami, kontribusi pada kehidupan yang nyaman bisa dicapai dengan menciptakan produk atau jasa yang bernilai dan atraktif, yang menarik rasa keindahan konsumen dan bisa dicapai juga dengan meraih konsumen sebanyak mungkin. Kami mempunyai tujuan utama yaitu memaksimalkan kepuasan konsumen.

Kami percaya bahwa suatu perusahaan akan terus tumbuh dan dihormati oleh masyarakat jika perusahaan itu mampu secara baik, menyeimbangkan kepuasan konsumen, perusahaan, dan publik lainnya. Sementara itu, dalam waktu bersamaan, mewujudkan filosofi perusahaan.

  1. Menciptakan gaya hidup yang lebih bernilai, bersama dengan konsumen dan untuk konsumen
    Dengan kata kunci "Sehat", "Bersih", dan "Nikmat" untuk usaha, kami akan mewujudkan "kebutuhan/keinginan" yang bertolak dari konsumen, dalam bentuk produk/pelayanan yang menarik, menjadikannya sebagai "Nilai" yang akan kembali pada konsumen. Kami berusaha sekuat tenaga untuk menyajikannya kepada sebanyak mungkin konsumen di dunia.
  2. Partisipasi aktif dari karyawan
    Dalam iklim Perseroan yang menghargai manusia dan kebebasan/keluhuran sebagaimana tertanam dalam nama perusahaan Mandom, maka kami akan berusaha membentuk komunitas manusia yang kaya kreativitas, sehingga mendukung perkembangan yang berkesinambungan bagi perseorangan maupun organisasi agar dapat meningkatkan nilai Perseroan.
  3. Tanggung jawab Sosial dan Sustainability
    Mengusahakan komunikasi dua arah dengan stakeholder, merespons tanggung jawab ekonomi dan sosial yang dituntutnya dengan lurus hati dan tindakan cepat. Berusaha mempertahankan dan meningkatkan hubungan yang baik berdasarkan kepercayaan satu sama lain sebagai sesama "warga perusahaan yang baik", berusaha menjalin keharmonisan dan solidaritas dengan masyarakat sebagai bentuk kontribusi bagi kemakmurannya.

Prinsip-prinsip berikut adalah standar yang menjadi pedoman Perseroan dalam menjalankan kegiatan operasional dan merupakan landasan bersama dalam mencapai tujuan Perseroan. Dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, Perseroan selalu menerapkan dasar pemikiran bahwa masyarakat selalu berubah. Untuk dapat mengakomodir perubahan tersebut, Perseroan berusaha untuk secara cerdik berpikir dan bekerja secara bersamaan. Cara pemikiran ini diwakili oleh kata kunci "KohDoh" yang secara harafiah berarti "berpikir dan bekerja" dan menjadi kata kunci dari prinsip-prinsip yang dianut Perseroan.

  1. "KohDoh" for Value Maximization
    Berdasarkan pemahaman bahwa "Nilai Produk atau Pelayanan = Fungsi/Biaya", kami akan menuju maksimalisasi nilai, sekaligus berusaha membangun sistem dan hubungan yang memungkinkan untuk menawarkan nilai tersebut kepada masyarakat dunia sebanyak mungkin.
  2. "KohDoh" for Self-actualization
    Berdasarkan pemahaman bahwa "Perusahaan adalah arena untuk mengaktualisasikan diri melalui pekerjaan", maka kami berusaha menciptakan lingkungan dimana setiap SDM dapat mengembangkan kemampuannya secara maksimal, belajar bersama dan berkembang bersama. Dengan demikian, kami menuju realisasi Filsafat Dasar Perseroan dan mewujudkan aktualisasi diri karyawan.
  3. "KohDoh" for Profitability Enhancement
    Berdasarkan pemahaman bahwa "untuk melaksanakan pertanggungjawaban ekonomi Perseroan, profitabilitas adalah keperluan mutlak", maka kami akan berusaha melaksanakan kebijakan-kebijakan yang menuju peningkatan efisiensi manajemen dan peningkatan laba secara berkesinambungan.
  4. "KohDoh" for Good Ethics
    Berdasarkan filsafat manajemen yang "ingin berbaik hati kepada masyarakat", maka kami akan menaati undang-undang dan tata krama sosial, dan selalu berusaha untuk melakukan "aktivitas" secara etis berdasarkan kesadaran sosial yang tinggi dan baik.
  5. "KohDoh" for Successful Business Partnerships
    Kami akan memiliki tujuan "Memberi Manfaat kepada Konsumen" bersama dengan mitra usaha. Kami juga akan berusaha membangun hubungan usaha yang dapat mewujudkan keuntungan bersama untuk jangka panjang serta bekerja sama melalui komunikasi yang erat.
  6. "KohDoh" for Environmental Preservation
    Berdasarkan pemahaman bahwa "Penanggulangan masalah lingkungan adalah tuntutan yang mutlak harus dilaksanakan demi kelangsungan perusahaan", maka kami akan berusaha mengamankan lingkungan alam.
  7. "KohDoh" for Philanthropy
    Untuk "memberi kontribusi sosial secara stabil dan berjangka panjang", maka kami akan mengadakan kegiatan-kegiatan yang didalamnya mengandung unsur kontribusi demi kemajuan masyarakat.
mandom-philosophy

Misi kami dan titik awal dari kegiatan usaha Mandom Group, adalah "OYAKUDACHI (berkontribusi pada kehidupan yang nyaman bagi konsumen)". Nilai-nilai kami harus dibagi dan dijaga oleh seluruh karyawan dalam rangka mencapai misi tersebut. Dan prinsip-prinsip kami didefinisikan sebagai guideline untuk membuat nilai-nilai tersebut sepenuhnya dimengerti.

Dalam rangka bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip yang kami miliki, kami menyediakan misi dan kebijakan kami untuk bidang-bidang spesifik dan guideline untuk kegiatan usaha kami. Dan kami memberikan konsep "Only One" sebagai bagian yang esensial dalam perusahaan kami.

THE CONCEPT OF "ONLY ONE"

Selama ini "Only One" hanya merupakan slogan intern dalam rangka mendorong usaha Perseroan. Namun untuk selanjutnya kata ini dijadikan target Mandom menjadi perusahaan "Only One"yang memiliki keunikan tersendiri. Hal ini akan diwujudkan melalui manajemen yang melibatkan semua karyawan.

"Only One" maksudnya bukan "satu-satunya" atau "hanya satu", melainkan "memiliki keunikan". Maka tujuannya adalah memiliki produk, iklan, cara pemasaran dan struktur manajemen yang memiliki keunikan, sehingga memiliki banyak ciri "Khas Mandom". Dengan demikian, stakeholder akan mengakui bahwa Mandom adalah perusahaan yang kaya originalitas.

Untuk jelasnya, originalitas berarti: "walaupun kita harus belajar dari pihak lain, kita tidak akan meniru pihak lain". Maksudnya "belajar dari pihak lain" menurut kami adalah kecerdasan untuk mendengarkan opini stakeholder dengan rendah hati, menindaklanjuti opini tersebut dengan rekayasa yang original, lalu menerapkannya secara khas Mandom. Yang dimaksud "tidak meniru pihak lain" menurut kami adalah "mencerahkan akal budi untuk melahirkan nilai baru yang berbeda dengan orang lain".

Jika kita belajar dari pihak lain dan tidak meniru, masyarakat akan mulai melihat Mandom sebagai "perusahaan yang berbeda dari yang lain", kemudian akan menilainya sebagai "perusahaan yang punya originalitas". Akhirnya akan mengakuinya sebagai perusahaan yang undispensable - "jika perusahaan itu hilang, kita akan kesulitan". Itulah harapan kami. Keinginan untuk menjadi perusahaan seperti itu kami simpulkan dalam kata "Only One".

 

Sebagai bagian dari perusahaan grup, Mandom Group, Perseroan memegang teguh suatu pedoman perilaku yaitu Kode Etik Grup Mandom untuk menjadi panduan bagi seluruh manajemen dan karyawan Perseroan dalam mewujudkan suatu kehidupan yang lebih menyenangkan, indah, dan sehat.

Kode etik ini berlaku bagi Perusahaan, Dewan Komisaris, Direksi, dan karyawan Perseroan. Seluruh anggota Dewan Komisaris, Direksi, dan karyawan kunci telah menanda-tangani pernyataan bahwa mereka telah membaca, memahami, dan akan mematuhi Kode Etik Grup Mandom.

Garis besar Kode Etik adalah sebagai berikut:

 I. Ketaatan Terhadap Hukum dan Norma-Norma Sosial; Prinsip-Prinsip Etika dan Pelaksanaannya 

  1. Pengetahuan Mendalam Mengenai dan Kepatuhan Terhadap Hukum dan Norma-Norma Sosial
  2. Penanganan Cepat Terhadap Pelanggaran Atas Hukum dan Norma-Norma Sosial dan Tindakan Tegas Selanjutnya
  3. Kepatuhan Terhadap Kontrak
  4. Prinsip-prinsip Etika dan Pelaksanaannya
  5. Pembuatan dan Pengoperasian Sistem Kendali Internal

 

II. Prinsip-prinsip dan Operasi Bisnis Grup Mandom 

  1. Penyediaan Produk dan Jasa yang Aman, Terpercaya, dan Menarik
  2. Transaksi Bisnis yang Adil, Bersih dan Bebas
  3. Pengelolaan Aset Perusahaan Secara Tepat
  4. Kegiatan Bisnis di Luar Negeri           

 

III. Lingkungan Global dan Grup Mandom 

  1. Kegiatan-Kegiatan untuk Mengurangi Dampak Lingkungan Sesuai dengan Sistem Pengelolaan Lingkungan
  2. Peningkatan Penghematan/Daur Ulang Sumber Daya
  3. Kewajiban Kita sebagai Warga Negara

 

IV. Masyarakat dan Grup Mandom 

  1. Kerjasama dan Integrasi dengan Komunitas-Komunitas Lokal
  2. Kontribusi Sosial
  3. Ketidakterlibatan dengan Kekuatan-Kekuatan Anti-Sosial
  4. Komunikasi dengan Masyarakat

 

V. Orang-Orang yang Bekerja untuk Grup Mandom

  1. Visi Sumber Daya Manusia yang Ideal
  2. Visi Perusahaan yang Ideal
  3. Penghargaan Terhadap Hak Asasi Manusia, Larangan Terhadap Perlakuan Diskriminatif
  4. Pembedaan Antara Urusan Resmi dan Urusan Pribadi
  5. Larangan Terhadap Tindakan Benturan Kepentingan/Kompetisi
  6. Pembentukan Budaya Perusahaan dari Standar Etika Tinggi dan Kewaspadaan