Facebook Twitter In
Flag

KEBIJAKAN TERKAIT TATA KELOLA PERUSAHAAN


KOMITE AUDIT


Pedoman Kerja Komite Audit

Laporan Kegiatan Komite Audit Tahun Buku 2017


 

Profil Komite

Ketua

Herman Saleh, Komisaris Independen

Herman Saleh

 

Warga Negara Indonesia. 63 tahun. Diangkat sebagai Anggota Komite Audit pertama kali pada tahun 2017 berdasarkan Keputusan Sirkular Dewan Komisaris tanggal 21 Oktober 2017 kemudian dalam Rapat Dewan Komisaris tanggal 19 April 2018, diangkat sebagai Ketua Komite Audit yang bertugas mulai tutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diadakan tanggal 19 April 2018 sampai tutupnya RUPST yang akan diadakan pada tahun 2020. Saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Independen Perseroan sejak 21 Oktober 2017.

 

 

Anggota

Drs. Nadarsjah Mahdur, MM., Ak., CPA., CA, Anggota Komite Audit Bidang Akuntansi

Nadarsjah Mahdur

 

Warga Negara Indonesia. 64 tahun. Diangkat sebagai anggota Komite Audit bidang Akuntansi dan Keuangan pada tahun 2016 berdasarkan Rapat Dewan Komisaris tanggal 21 April 2016 untuk periode 2016–2018. Lalu dalam Rapat Dewan Komisaris tanggal 19 April 2018, diangkat sebagai Anggota Komite Audit yang bertugas mulai tutupnya RUPST yang diadakan tanggal 19 April 2018 sampai tutupnya RUPST yang akan diadakan pada tahun 2020.

Sebelumnya pernah bekerja di Kanwil IV Direktorat Jendral Pengawasan Keuangan Negara, Departemen Keuangan Republik Indonesia (sekarang BPKP) sejak tahun 1979 sampai 1983. Selanjutnya menjadi Dosen di beberapa Akademi dan Universitas serta partner di Kantor Akuntan Publik. Saat ini menjabat sebagai Partner pada Kantor Akuntan Publik (KAP) Junaidi, Chaerul dan Subyakto. Menyelesaikan pendidikan Magister Manajemen di Universitas Jendral Sudirman, Purwokerto.

 

Anggota

Edi Priyono, SH, Anggota Komite Audit Bidang Hukum

Edi Priyono

 

Warga Negara Indonesia. 52 tahun. Diangkat sebagai anggota Komite Audit bidang Hukum pada tahun 2016 berdasarkan Rapat Dewan Komisaris tanggal 21 April 2016 untuk periode 2016–2018. Lalu dalam Rapat Dewan Komisaris tanggal 19 April 2018, diangkat sebagai Anggota Komite Audit yang bertugas mulai tutupnya RUPST yang diadakan tanggal 19 April 2018 sampai tutupnya RUPST yang akan diadakan pada tahun 2020.

Sebelumnya menjabat sebagai Partner pada Konsultan Hukum Nurhadi, Udayana, Zainal & Partners pada tahun 1997 sampai 1998. Saat ini menjadi Pimpinan Kantor Notaris Edi Priyono, SH. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum di Universitas Islam Indonesia.

 

KOMITE NOMINASI DAN REMUNERASI


Pedoman Kerja Komite Nominasi Dan Remunerasi

Laporan Kegiatan Komite Nominasi dan Remunerasi Tahun Buku 2017


 

Ketua

Herman Saleh, Komisaris Independen

Herman Saleh

 

Warga Negara Indonesia, 63 tahun.

Diangkat sebagai Ketua Komite Nominasi dan Remunerasi pertama kali pada tahun 2018 berdasarkan Rapat Dewan Komisaris tanggal 19 April 2018. Saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Independen Perseroan sejak 21 Oktober 2017.

 

 

 

Anggota

Shinichiro Koshiba, Presiden Komisaris

Shinichiro Koshiba

 

Warga Negara Jepang, 54 tahun.

Diangkat sebagai Anggota Komite Nominasi dan Remunerasi pertama kali pada tahun 2018 berdasarkan Rapat Dewan Komisaris tanggal 19 April 2018. Saat ini juga menjabat sebagai Presiden Komisaris Perseroan sejak tahun 2018.

 

 

 

 

 

Anggota

Lie Harjono, Komisaris

Lie Harjono

 

Warga Negara Indonesia, 57 tahun.

Diangkat sebagai Anggota Komite Nominasi dan Remunerasi pertama kali pada tahun 2015 berdasarkan Rapat Dewan Komisaris tanggal 23 April 2015. Saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Perseroan sejak tahun 2001.

 

 

INTERNAL AUDIT


Piagam Internal Audit


 

Profil Internal Audit

Hendro Buwono, Kepala Internal Audit

Hendro Buwono

 

Warga Negara Indonesia. Bergabung dengan Perseroan sebagai HRD Supervisor pada tahun 2003. Beliau kemudian diangkat menjadi  Manager HRD pada tahun 2008. Kemudian pada tahun 2017 beliau diangkat sebagai Kepala Internal Audit.

Beliau menyelesaikan pendidikannya sebagai Sarjana Ekonomi (Corporate Management) di Universitas Jayabaya, Jakarta, Indonesia.

 

  

SEKRETARIS PERUSAHAAN


Profil Sekretaris Perusahaan

Alia Dewi, Sekretaris Perusahaan

Alia Dewi

 

Warga Negara Indonesia. Menyelesaikan pendidikan terakhir di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Memulai karirnya di PT Mandom Indonesia Tbk sejak 2006 sebagai PR/Investor Relations. Sejak 12 Mei 2014 diangkat sebagai Corporate Secretary. Ia tidak memiliki hubungan afiliasi dengan Pemegang Saham Pengendali dan Utama Perseroan yaitu Mandom Corporation.

Ia tidak memiliki hubungan afiliasi dengan Pemegang Saham Pengendali dan Utama Perseroan yaitu Mandom Corporation.

 

KEBIJAKAN MANAJEMEN RISIKO


Melalui pertimbangan atas segala potensi kerugian maupun ancaman yang mungkin timbul oleh karena adanya ketidakpastian yang dihadapi Perseroan disebabkan oleh faktor eksternal maupun internal maka Perseroan memandang perlu untuk membuat dan menjalankan sistem manajemen risiko.

Setiap unit kerja bersama-sama melakukan identifikasi atas seluruh risiko yang dihadapi, menelaah dampak dari risiko-risiko tersebut dan kemudian memutuskan langkah mitigasi yang perlu dilakukan sehingga seluruh risiko signifikan dapat dikelola dengan baik.

Adapun beberapa risiko yang menjadi perhatian dari Perseroan adalah sebagai berikut:

  1. Risiko Kecelakaan dan Bencana

    Setelah melakukan banyak perbaikan dalam hal K3, Manajemen memutuskan untuk membawa Perseroan ke tingkat yang lebih tinggi dalam hal penanganan K3. Pada tahun 2017 Perseroan mendapatkan sertifikat Sistem Manajemen K3 (SMK3) dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Berdasarkan hasil Audit Internal yang dilakukan secara rutin tidak menjadikan Perseroan berpuas diri dimana Perseroan secara rutin melakukan banyak peningkatan/perbaikan berdasarkan standar SMK3 yang telah ditetapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, guna mendukung program-program SMK3 di perusahaan.

  2. Resiko Terganggunya Pasokan Produk

    Guna mempersingkat waktu pemrosesan mulai dari pemesanan produk oleh pembeli hingga diterimanya produk oleh mereka, Perseroan mengambil inisiatif membangun sistem pemesanan berbasis online serta memperkuat distribusi barang melalui Distribution Center di Surabaya. Sistem pemesanan barang secara online telah berfungsi penuh sejak awal tahun  2017 dan telah digunakan oleh seluruh Agen/Distributor di seluruh Indonesia.

  3. Risiko Ketersediaan Bahan Baku

    Sebagai upaya berkelanjutan untuk menjamin tersedianya bahan baku, Perseroan tetap mempertahankan kebijakan supplier ganda dan secara berkala melakukan pengecekan atas pelaksanaan kebijakan tersebut melalui audit operasional yang dilaksanakan setiap tahun.

  4. Risiko Korupsi, Suap , dan Penyelewengan

    Sebagai perusahaan yang melakukan aktivitas pembelian dan penjualan, secara alami Perseroan terpapar oleh risiko korupsi, suap, dan penyelewengan. Untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan risiko tersebut maka Perseroan menetapkan sebuah peraturan yaitu “Peraturan Tentang Anti Korupsi, Gratifikasi dan Penyelewengan”.

  5. Risiko Penurunan Mutu Produk

    Sebagai perusahaan manufaktur, Perseroan sangat menyadari bahwa mutu produk yang konsisten adalah salah satu kata kunci untuk memuaskan pelanggan. Untuk menjaga stabilitas mutu, maka Perseroan memutuskan untuk menerapkan standar kualitas level internasional yaitu ISO 9001:2015.

Selain melakukan kegiatan-kegiatan di atas, untuk mengurangi risiko kerugian akibat bencana yang tidak dapat dihindari, Perseroan juga telah mengasuransikan aset-aset Perseroan.

LEMBAGA/PROFESI PENUNJANG PASAR MODAL


Biro Administrasi Efek

PT Sirca Datapro Perdana

Wisma Sirca

Jakarta 10340

Telepon: (021) 390-0645, 390-5920

Faksimili: (021) 390-0652, 390-0671

 

Akuntan Publik

Satrio Bing Eny & Rekan

The Plaza Office Tower 32nd Floor

Jl. M.H. Thamrin Kav. 28-30

Jakarta 10350

Telepon: (021) 50818000

Faksimili: (021) 29928200, 29928300