Facebook Twitter In
Flag

 

 

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Perseroan percaya bisnis yang berkelanjutan dapat diciptakan jika kegiatan bisnis bersinergi baik dengan lingkungan maupun sosial. Untuk itu, Perseroan senantiasa berupaya mewujudkan hal tersebut melalui beberapa program tanggung jawab sosial yang terdiri dari beberapa aspek, antara lain Lingkungan, Sosial dan Pendidikan, Quality Assurance dan Ketenagakerjaan.

MEWUJUDKAN KEGIATAN BISNIS YANG RAMAH LINGKUNGAN

Perseroan berkomitmen untuk terus menciptakan pertumbuhan bisnis yang sejalan dengan peningkatan kualitas lingkungan. Untuk itu, Perseroan berupaya mewujudkan kegiatan bisnis yang ramah bagi lingkungan dengan cara:

 

  • Pengolahan dan Pengawasan Limbah

Perseroan sadar dan peduli akan limbah yang dihasilkan. Salah satu upaya yang dilakukan Perseroan dalam menjaga lingkungan adalah membangun instalasi pengolahan limbah agar limbah yang dihasilkan aman bagi lingkungan sekitar.

Air olahan limbah dikontrol secara ketat oleh tim pemantau limbah dan Departemen Quality Control setiap harinya. Selain itu, pemantauan limbah juga dilakukan setiap bulan oleh pengelola Kawasan Industri MM 2100, Bekasi. Hasil pemantauan dan controlling yang telah dilakukan, dilaporkan setiap 6 bulan sekali ke Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) dan dimasukkan ke Laporan Implementasi Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL & RPL) yang kemudian dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup.

Sedangkan untuk limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Perseroan telah memiliki izin untuk menyimpan sementara limbah B3, yang kemudian limbah tersebut diangkut oleh pihak ketiga.

  • Mewujudkan Lingkungan Kerja yang Sehat

Untuk menjaga kualitas udara, Perseroan melakukan penghijauan di sekitar lokasi, selain itu Perseroan juga secara rutin melakukan uji emisi terhadap kendaraan boiler maupun emisi cerobong. Sedangkan untuk menjaga lingkungan kerja, Perseroan secara rutin melakukan pengecekan ambient (kondisi udara) ruang produksi dan kebisingan ruangan.

  • Menciptakan Produk yang Ramah Lingkungan

Perseroan berkomitmen untuk menciptakan produk yang ramah lingkungan dengan menciptakan produk yang bersinergi dengan kebijakan 3R, yaitu Reduce, Reuse dan Recycle tanpa harus mengurangi kepuasan konsumen dari segi mutu, fungsi dan desain. Untuk itu, Perseroan secara aktif menawarkan produk kemasan refill pada beberapa produknya, seperti Gatsby Body Shower Gel, Pixy Two Way Cake, Angry Birds Shower Gel, dan lain-lain. Aksi ini diharapkan bisa mengurangi penggunaan botol plastik yang lebih sulit terurai.

BERPARTISIPASI WUJUDKAN MASYARAKAT YANG TERUS BERKEMBANG

Perseroan percaya, kegiatan bisnis akan terus berkembang jika dapat bermanfaat bagi setiap elemen masyarakat. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut sepanjang tahun 2015 Perseroan telah menyelenggarakan dan ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan sosial, antara lain:

  • Mandom EDUcaTrip

Mandom EDUcaTrip merupakan salah satu program tanggung jawab sosial Perseroan di bidang pendidikan. Dalam program ini Perseroan mengajak anak-anak khususnya dari keluarga kurang mampu untuk melakukan wisata edukasi yang dapat memberikan mereka pengalaman menarik, dimana mereka bisa bermain sekaligus belajar melalui berbagai pengalaman yang mereka dapatkan selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini diharapkan dapat memperluas pengetahuan sekaligus memotivasi mereka untuk menggapai cita-citanya. Dalam upaya mewujudkan semangat berbagi di lingkungan Perseroan, karyawan Perseroan juga ikut dilibatkan dalam kegiatan ini, salah satunya bertugas untuk mendampingi anak-anak selama kegiatan berlangsung.

Pada tahun 2015, Mandom EDUcaTrip telah mengajak 163 anak-anak dari dari Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera dan Yayasan Anak Sholeh Al-Hidayah, Bekasi untuk melakukan wisata edukasi ke KidZania Jakarta.

Selain itu, Perseroan juga berupaya untuk menanamkan hidup yang indah dan sehat kepada anak-anak dengan mendirikan Modeling School di KidZania Jakarta. Upaya ini dilakukan agar sejak kecil anak-anak bisa menghargai dirinya sendiri, memperhatikan penampilan mereka yang akan berdampak positif bagi dirinya dalam mewujudkan cita-citanya.

 

  • PIXY & GATSBY Modeling School

Dalam upaya menanamkan hidup yang indah dan sehat kepada anak-anak, Perseroan bekerja sama dengan Kidzania mendirikan establishment Modeling School di KidZania Jakarta. Upaya ini dilakukan agar sejak kecil anak-anak bisa menghargai dirinya sendiri dan memperhatikan penampilan mereka yang akan berdampak positif bagi dirinya dalam mewujudkan cita-citanya.

  • Kerjasama Dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Perseroan berkomitmen untuk terus mendukung dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya diwujudkan dengan menjalin kerja sama dengan SMK di wilayah DKI Jakarta untuk memberikan pelatihan soft skill seperti marketing skill, etika, pelatihan kerja, serta persiapan memasuki dunia kerja. Diharapkan dengan adanya program ini siswa-siswi yang mendapatkan pelatihan dan kesempatan pelatihan kerja bisa secara cepat diserap oleh dunia kerja.

  • Program #SejutaMasker, Bekerjasama Dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)

Sehubungan dengan bencana asap yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia pada tahun 2015, PT Mandom Indonesia Tbk bekerjasama dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dalam pembuatan masker bagi masyarakat yang terkena bencana asap. Masker tersebut kemudian didistribusikan ke berbagai daerah yang terkena bencana asap akibat kebakaran hutan maupun gunung meletus di daerah Sumatra, hingga Nusa Tenggara Barat.

 

 

TERUS BERUPAYA MENGHADIRKAN PRODUK TERBAIK, DARI KONSUMEN DAN UNTUK KONSUMEN

Perseroan terus berkomitmen untuk menciptakan produk terbaik bagi konsumennya. Perseroan juga secara ketat melakukan pengawasan proses produksi dari mulai proses awal hingga produk sampai ditangan konsumen. Selain itu, Perseroan juga secara teliti melakukan tes terhadap bahan baku yang digunakan sesuai dengan standar Mandom Corporation, Jepang juga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sementara itu, dalam upaya menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, Perseroan juga menyediakan layanan suara konsumen melalui saluran telepon dan akun media sosial agar konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai produk Perseroan maupun menyampaikan keluhan dan saran.

MENGHARGAI KARYAWAN, DEMI TERCIPTANYA KOMUNITAS YANG TERUS BERKEMBANG

Sesuai dengan nama Perseroan “Mandom” yang berarti “Human & Freedom”, Perseroan senantiasa menghargai manusia dan kebebasan. Untuk itu, Perseroan terus berupaya menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang kondusif, serta memenuhi hak-hak karyawan seperti, fasilitas kesehatan, keamanan & keselamatan dalam bekerja, hingga pengembangan karir.

Upaya tersebut dibuktikan Perseroan dengan diraihnya sertifikasi WRAP (Worldwide Responsible Accredited Production) oleh Perseroan pada tahun 2014. Dengan mendapatkan sertifikasi WRAP, membuktikan bahwa Perseroan telah mengimplementasikan kegiatan bisnis yang aman dalam proses produksi, patuh terhadap undang-undangan mengenai lingkungan, dan senantiasa memenuhi hak-hak karyawannya

Adapun prinsip-prinsip WRAP yang menyangkut ketenagakerjaan sebagai berikut :

 

  • Tidak Melakukan Kerja Paksa Terhadap Karyawan               

Perseroan menjunjung tinggi hak para karyawannya. Sehingga dalam proses bisnisnya, Perseroan tidak akan mempekerjakan karyawannya secara paksa, tidak sukarela maupun perdagangan orang. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP (Standard Operating Procedure) mengenai Penggunaan Tenaga Kerja, dimana Perseroan secara aktif mengkomunikasikan larangan kerja paksa, mencantumkan larangan kerja paksa dalam surat kontrak kerja yang ditanda-tangani kedua belah pihak, melakukan pengecekan fisik terhadap pekerja setiap datang dan pulang sesuai norma kesopanan, dan secara rutin petugas melakukan pengecekan untuk memastikan tidak adanya praktik kerja paksa di lingkungan Perseroan.

  • Tidak Mempekerjakan Pekerja Dibawah Umur

Dalam kegiatan bisnisnya, Perseroan tidak mempekerjakan tenaga kerja dibawah umur. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP Larangan Penggunaan Tenaga Kerja Dibawah Umur, dimana Perseroan melakukan verifikasi umur terhadap calon karyawannya melalui data dan wawancara, serta mengkomunikasikan secara aktif larangan penggunaan pekerja dibawah umur kepada seluruh karyawan dan pihak outsourcing.

  • Melarang Keras Pelecehan dan Penyiksaan

Dalam kegiatan bisnisnya, Perseroan melarang keras pelecehan dan penyiksaan di lingkungan Perseroan. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP mengenai Larangan Pelecehan dan Penyiksaan, dimana Perseroan secara aktif mengkomunikasikan larangan pelecehan dan penyiksaan terhadap seluruh stakeholder, melakukan monitoring secara berkala, dan menjamin setiap pelaporan tindakan pelecehan dan penyiksaan akan ditindak-lanjuti secepatnya.

  • Memberikan Upah dan Manfaat sesuai Ketentuan

Perseroan senantiasa berupaya memberikan upah dan manfaat sesuai dengan standar yang ditentukan. Hal ini dilakukan sebagaimana yang tercantum pada Perjanjian Kerja Bersama, yang telah ditanda-tangani oleh Perseroan dan Serikat Pekerja.

  • Mempekerjakan Karyawan Sesuai Dengan Waktu yang Ditentukan

Perseroan senantiasa mempekerjakan karyawannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Adapun untuk penambahan jam kerja, telah disetujui oleh karyawan dengan mendapatkan penambahan upah sesuai jam kerja, dan penambahan jam kerja tidak akan melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

  • Larangan Diskriminasi

Perseroan senantiasa mempekerjakan, menggaji dan mempromosikan karyawan secara objektif tanpa melihat SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan). Sehingga kegiatan pengembangan karir menjadi hak seluruh pekerja. Hal ini dibuktikan dengan penyelenggaraan kegiatan pengembangan karir yang diberlakukan bagi seluruh karyawan, yang telah disesuaikan dengan masing-masing jabatan, sehingga diharapkan pengembangan karir dapat dilakukan secara maksimal.

Perseroan senantiasa mempekerjakan, menggaji dan mempromosikan karyawan secara objektif tanpa melihat SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan). Sehingga kegiatan pengembangan karir menjadi hak seluruh pekerja. Hal ini dibuktikan dengan penyelenggaraan kegiatan pengembangan karir yang diberlakukan bagi seluruh karyawan, yang telah disesuaikan dengan masing-masing jabatan, sehingga diharapkan pengembangan karir dapat dilakukan secara maksimal. Beberapa training yang diikuti oleh karyawan di tahun 2015 antara lain :

No.Pelatihan
1 Workshop Layout Fasilitas & Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB)
2 Halal Management
3 Be The Best (Internal Training)
4 Halal Certification & Assurance System Implementation
5 Sertifikasi Operator Forklift (SIO Forklift)
6 Workshop Claim & Periklanan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT)
7 22nd ASEAN Cosmetic Committee Meeting
8 Value Added Tax (VAT) Update & eFaktur
9 Seminar Sehari Regulasi Perdagangan Dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN
10 23rd ASEAN Cosmetic Committee Meeting
11 Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI)
12 Workshop Klaim & Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) Produk Kosmetik
13 Bimbingan Teknis di Bidang Kosmetika

 

Selain itu, untuk karyawan baru, Perseroan juga menyelenggarakan New Employee Orientation Progaram (NEOP), yaitu program orientasi karyawan baru yang bertujuan agar karyawan bisa mengetahuI hak-nya sebagai karyawan, dan memahami bisnis Perseroan secara keseluruhan.

 

  • Senantiasa Memperhatikan Kesehatan, Keamanan dan Keselamatan Kerja

Untuk menjaga kesehatan para karyawan, Perseroan secara rutin melakukan seminar kesehatan dan medical check-up bagi seluruh karyawan. Diharapkan, dengan megadakan kegiatan tersebut secara rutin, karyawan dapat mengontrol dan mencegah beberapa penyakit yang timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat, dan bisa mendeteksi dini penyakit yang diderita. Sementara itu, Perseroan juga ikut mendukung pemberian ASI esklusif dengan menyediakan Pojok Asi bagi tenaga kerja wanita yang sedang menyusui.

Sedangkan untuk keamanan dan keselamatan kerja, Perseroan secara rutin mengadakan beberapa pelatihan antara lain, latihan evakuasi pemadam kebakaran, melakukan pengecekan alat-alat APAR (Alat Pemadam Api Ringan), dan juga mengikutsertakan karyawan pada training ISO 9001:2008, Hiperkes & KK (Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja. ) bagi Paramedik, SQL Server 2012 dan Sertifikasi K3 Umum.

  • Menghormati Kebebasan Karyawan dalam Berserikat & Berunding

Perseroan mengakui dan menghormati hak karyawannya untuk melaksanakan hak-hak mereka yang sah, untuk berunding bersama. Hal ini dibuktikan dengan adanya Serikat Pekerja yang selalu dilibatkan dalam pembuatan Perjanjian Kerja Bersama.

Disamping hal-hal yang telah dijelaskan diatas, pada tahun 2015 Perseroan telah mendirikan Yayasan Mandom Indonesia (YMI) yang telah disahkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. AHU-0033341.AH.01.04 pada tanggal 23 Desember 2015. Pendirian YMI salah satunya ditujukan untuk menangani pemberian santunan pendidikan kepada anak-anak dari karyawan yang meninggal dunia dalam musibah kebakaran 10 Juli 2015. Selain itu, pendirian yayasan ini juga merupakan bukti komitmen Perseroan dalam mendukung bidang Pendidikan dan Kesehatan, Sosial Kemanusiaan dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan di Indonesia.

Sementara itu, untuk mewujudkan masa depan karyawan yang lebih sejahtera, Perseroan juga menyelenggarakan Pelatihan Persiapan Pensiun dan Dana Pensiun Pemberi Kerja dengan sistim manfaat pasti dan mulai tahun 2014 Perseroan menerapkan sistim iuran pasti untuk keanggotaan yang baru. Pada mulanya, Dana Pensiun didirikan dan dikelola oleh Yayasan Tancho Indonesia sejak tahun 1992. Namun pada tahun 1996 telah dirubah menjadi Dana Pensiun Mandom Indonesia. Perubahan tersebut dilakukan seiring dengan ketentuan Undang-Undang No.11 Tahun 1992 Tentang Dana Pensiun. Pada saat ini Dana Pensiun memiliki 1.299 peserta.

Perseroan akan terus meningkatkan kepedulian terhadap karyawannya, baik dari segi kesehatan, keamanan, keselamatan kerja hingga pengembangan karirnya. Dan diharapkan hal tersebut dapat menurunkan tingkat turn over karyawan yang di tahun 2015 tercatat 8%.

Adapun total biaya yang dikeluarkan Perseroan untuk kegiatan tanggung jawab sosial sepanjang tahun 2015 adalah sebesar Rp. 4 miliar