Facebook Twitter In
Flag

 

 

TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN SUSTAINABILITY

Tanggung jawab sosial dan sustainability merupakan salah satu prinsip yang terus dipegang teguh oleh Perseroan. Oleh karenanya, dalam menjalankan bisnisnya, Perseroan senantiasa memperhatikan kedua hal tersebut yang terdiri dari beberapa aspek, antara lain Lingkungan, Sosial dan Pendidikan, Quality Assurance dan Ketenagakerjaan.

TANGGUNG JAWAB PERSEROAN TERHADAP LINGKUNGAN

Pelestarian lingkungan telah lama menjadi fokus dunia dalam usaha mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, Perseroan berkomitmen untuk terus menciptakan pertumbuhan bisnis yang sejalan dengan peningkatan kualitas lingkungan. Kegiatan bisnis yang ramah bagi lingkungan diwujudkan Perseroan  melalui:

 

  • Tanggung Jawab terhadap Pengolahan dan Pengawasan Limbah

Perseroan berupaya mengurangi dampak negatif dari limbah yang dihasilkan dengan menjaga lingkungan dan membangun instalasi pengolahan limbah agar limbah yang dihasilkan aman bagi lingkungan sekitar. Pengolahan limbah melewati beberapa proses yang ketat dan sistem monitoring yang secara rutin dilakukan baik setiap hari maupun secara regular setiap bulan.

Setiap harinya air olahan limbah dikontrol secara ketat oleh tim pemantau limbah dan Departemen Quality Control. Selain itu, limbah juga dipantau setiap bulan oleh pengelola Kawasan Industri MM 2100, Bekasi. Kemudian, hasil pemantauan dan controlling yang telah dilakukan dilaporkan setiap 6 (enam) bulan sekali ke Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) dan dimasukkan ke Laporan Implementasi Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL & RPL) yang kemudian dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup.

Sementara itu, untuk limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Perseroan telah memiliki izin untuk menyimpan sementara limbah B3, yang kemudian limbah tersebut diangkut oleh pihak ketiga.

  • Tanggung Jawab dalam Mewujudkan Lingkungan Kerja yang Sehat

Perseroan senantiasa berupaya untuk mewujudkan lingkungan kerja yang sehat bagi karyawannya. Oleh karenanya, dalam upaya menjaga kualitas udara di lingkungan Perseroan, penghijauan di sekitar Perseroan terus dilakukan, selain itu Perseroan juga secara rutin melakukan uji emisi terhadap kendaraan boiler maupun emisi cerobong. Sedangkan untuk menjaga lingkungan kerja, Perseroan secara rutin melakukan pengecekan ambient (kondisi udara) ruang produksi dan kebisingan ruangan.

  • Tanggung Jawab dalam Menciptakan Produk yang Aman Bagi Lingkungan

Perseroan berkomitmen untuk terus mengembangkan produk yang bermanfaat dan berkualitas bagi konsumen namun tetap bersinergi baik dengan lingkungan. Oleh karenanya, dalam pengembangan produk, Perseroan senantiasa menerapkan kebijakan 3R, yaitu Reduce, Reuse dan Recycle tanpa mengurangi kepuasan konsumen dari segi mutu, fungsi dan desain. Hal tersebut diwujudkan Perseroan dengan menawarkan produk kemasan refill pada beberapa produknya, seperti GATSBY Body Shower Gel, PIXY Two Way Cake, dan lain-lain. Selain itu, saat ini Perseroan juga secara bertahap mengganti polyethylene sebagai bahan baku microbeads yang sulit terurai, digantikan dengan bahan baku yang mudah terurai dan ramah lingkungan. Hal tersebut merupakan wujud komitmen Perseroan dalam mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan Perseroan terhadap lingkungan.

TANGGUNG JAWAB PERSEROAN DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG TERUS BERKEMBANG

Manusia adalah kunci untuk mencapai masa depan. Oleh karena itu, untuk membangun masa depan, pertama yang dilakukan adalah membangun manusia. Mandom adalah perusahaan yang berorientasi pada manusia. Sehingga, pengembangan manusia telah selalu menjadi perhatian utama Perseroan. Manusia memegang peranan penting dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan di masyarakat, menjadi penyeimbang antara ekonomi dan lingkungan.

Perseroan berkomitmen untuk membangun bisnis yang dapat memberikan manfaat bagi setiap elemen masyarakat. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut sepanjang tahun 2017 Perseroan telah menyelenggarakan dan ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan sosial, antara lain:

  • Yokoso! Mandom

Yokoso! Mandom merupakan program factory visit yang diselenggarakan oleh Perseroan dalam  upaya menjalin hubungan baik dengan dunia pendidikan dan masyarakat luas. Melalui program Yokoso! Mandom yang berarti Selamat Datang ke Mandom, Perseroan ingin menyambut baik komunitas maupun institusi pendidikan yang ingin mengenal lebih dekat mengenai proses bisnis Perseroan. Selain factory visit, peserta juga diberikan pengetahuan grooming agar mereka dapat menjaga penampilan secara maksimal. Sepanjang tahun 2017 sebanyak 15 institusi dan komunitas telah mengikuti program Yokoso! Mandom ini dengan total peserta mencapai hampir 1.000 orang.

  • Kerja Sama Beauty & Handsome Class dengan Lembaga Pendidikan

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang personal care dan produk kecantikan, Perseroan senantiasa ingin menanamkan pentingnya menjaga penampilan bagi seluruh masyarakat, termasuk generasi muda. Untuk mewujudkan hal tersebut Perseroan telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa Universitas dan Lembaga Pendidikan di berbagai daerah di Indonesia dalam mengadakan Beauty Class dan Handsome Class bagi peserta didik. Dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga penampilan dan menghargai tubuh mereka.

  • Mandom Goes to School

Perseroan berkomitmen untuk terus mendukung dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Hal tersebut diwujudkan Perseroan dalam kegiatan Mandom Goes to School. Melalui program ini Perseroan mengunjungi beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan menyelenggarakan seminar seputar persiapan menghadapi dunia kerja. Dalam kegiatan tersebut, para peserta juga diberikan beberapa tips terkait dengan persiapan seputar dunia kerja seperti mempersiapkan CV hingga praktek interview. Melalui kegiatan ini Perseroan berharap agar siswa-siswi SMK semakin siap menghadapi dunia kerja.

 

TANGGUNG JAWAB PERSEROAN TERHADAP KONSUMEN

Dalam mewujudkan tanggung jawabnya terhadap konsumen, Perseroan senantiasa berupaya menciptakan produk terbaik yang senantiasa dapat  memberikan inspirasi dan kesan baik bagi konsumen. Dalam mewujudkan hal tersebut Perseroan secara ketat melakukan pengawasan proses produksi dari mulai proses awal hingga produk sampai di tangan konsumen. Selain  itu, Perseroan juga secara teliti melakukan tes terhadap bahan baku yang digunakan sesuai dengan standar Mandom Corporation, Jepang juga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk Halal, pada tahun 2017 hampir seluruh produk Perseroan telah mendapatkan sertifikat Halal. Dengan diperolehnya sertifikasi Halal pada produk Perseroan, diharapkan dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi konsumen dalam menggunakan produk-produk Perseroan.

Sementara itu, dalam upaya menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, Perseroan juga menyediakan layanan suara konsumen melalui saluran telepon maupun media sosial yang siap menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi keluhan dari konsumen. Perseroan berharap melalui kedua layanan tersebut konsumen dapat merasa lebih dekat dengan Perseroan dan memperkuat kepercayaan konsumen akan produk-produk Perseroan.

TANGGUNG JAWAB PERSEROAN DALAM MENCIPTAKAN KARYAWAN YANG TERUS BERKEMBANG

Sesuai dengan Misi Perseroan yaitu Perusahaan yang berorientasi pada manusia (Human to Human), Perseroan senantiasa menghargai setiap sumber daya manusia yang ada didalamnya. Untuk itu, Perseroan terus berupaya menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang kondusif, serta memenuhi hak-hak karyawan seperti, fasilitas kesehatan, keamanan & keselamatan dalam bekerja, hingga pengembangan karir.

Upaya tersebut dibuktikan Perseroan dengan diraihnya kembali sertifikasi WRAP (Worldwide Responsible Accredited Production) oleh Perseroan untuk ketiga kalinya. Dengan mendapatkan sertifikasi WRAP, membuktikan bahwa Perseroan telah mengimplementasikan kegiatan bisnis yang aman dalam proses produksi, patuh terhadap peraturan perundang-undangan mengenai lingkungan, dan senantiasa memenuhi hak-hak karyawannya.

Adapun prinsip-prinsip WRAP yang menyangkut ketenagakerjaan sebagai berikut:

 

  • Tidak Melakukan Kerja Paksa Terhadap Karyawan              

Sebagai Perusahaan yang berorientasi pada Manusia, Perseroan sangat menjunjung tinggi hak para karyawannya. Sehingga dalam proses bisnisnya, Perseroan tidak akan mempekerjakan karyawannya secara paksa, tidak sukarela maupun perdagangan orang.  Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP (Standard Operating Procedure) mengenai Penggunaan Tenaga Kerja, dimana Perseroan secara aktif mengkomunikasikan larangan kerja paksa, mencantumkan larangan kerja paksa dalam surat kontrak kerja yang ditanda-tangani kedua belah pihak, melakukan pengecekan fisik terhadap pekerja setiap datang dan pulang sesuai norma kesopanan, dan secara rutin petugas melakukan pengecekan untuk memastikan tidak adanya praktik kerja paksa di lingkungan Perseroan.

  • Tidak Mempekerjakan Pekerja Dibawah Umur

Dalam menjalankan bisnisnya, Perseroan tidak mempekerjakan tenaga kerja dibawah umur. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP Larangan Penggunaan Tenaga Kerja Dibawah Umur, dimana Perseroan melakukan verifikasi umur terhadap calon karyawannya melalui data dan wawancara, serta mengkomunikasikan secara aktif larangan penggunaan pekerja dibawah umur kepada seluruh karyawan dan pihak outsourcing.

  • Melarang Keras Pelecehan dan Penyiksaan

Perseroan melarang keras pelecehan dan penyiksaan di lingkungan Perseroan. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP mengenai Larangan Pelecehan dan Penyiksaan, dimana Perseroan secara aktif mengkomunikasikan larangan pelecehan dan penyiksaan terhadap seluruh stakeholder, melakukan monitoring secara berkala, dan menjamin setiap pelaporan tindakan pelecehan dan penyiksaan akan ditindak-lanjuti secepatnya.

  • Memberikan Upah dan Manfaat sesuai Ketentuan

Perseroan senantiasa berupaya memberikan upah dan manfaat sesuai dengan standar yang ditentukan. Hal ini dilakukan sebagaimana yang tercantum pada Perjanjian Kerja Bersama, yang telah ditanda-tangani oleh Perseroan dan Serikat Pekerja.

  • Mempekerjakan Karyawan Sesuai Dengan Waktu yang Ditentukan

Perseroan mempekerjakan karyawannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Adapun untuk penambahan jam kerja, telah disetujui oleh karyawan dengan mendapatkan penambahan upah sesuai jam kerja, dan penambahan jam kerja tidak akan melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

  • Larangan Diskriminasi

Perseroan melarang praktek diskriminasi dalam kegiatan bisnisnya. Perseroan senantiasa mempekerjakan, menggaji dan mempromosikan karyawan secara objektif tanpa melihat SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan). Sehingga kegiatan pengembangan karir menjadi hak seluruh pekerja. Hal ini dibuktikan dengan penyelenggaraan kegiatan pengembangan karir yang diberlakukan bagi seluruh karyawan, yang telah disesuaikan dengan masing-masing jabatan, sehingga diharapkan pengembangan karir dapat dilakukan secara maksimal. Beberapa training yang diikuti oleh karyawan di tahun 2017 antara lain :

 

No.Training
1 Pensiun Mandiri dan Sejahtera
2 Training for Trainer
3 Petugas K3 Madya Ruang Terbatas (Confined Space)
4 Performance Testing & Spesification
5 The 26th Meeting of The ASEAN Cosmetic Committee (ACC) yang diselenggarakan oleh Kementrian Kesehatan Cambodia
6 Safety Assessment of Cosmetics
7 Pelatihan Operator K3 Teknisi Listrik
8 27th ASEAN Cosmetic Committee (ACC) and Its Related Meetings yang diselenggarakan oleh BPOM
9 Seminar of Cosmetics Evaluation : Claim, Efficacy & Safety Assessment
10 Preparation of Safety Data Report in Product Information Files of Cosmetic

 

Selain itu, untuk karyawan baru, Perseroan juga menyelenggarakan program orientasi karyawan baru yang bertujuan agar karyawan bisa mengetahui hak-nya sebagai karyawan, dan memahami bisnis Perseroan secara keseluruhan.

  • Senantiasa Memperhatikan Kesehatan, Keamanan dan Keselamatan Kerja

Perseroan senantiasa berupaya memperhatihan karyawannya termasuk dalam hal kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja diwujudkan Perseroan  melalui berbagai kegiatan, antara lain :

Medical Check-up

Dalam menjaga kesehatan para karyawan, Perseroan secara rutin menyelenggarakan medical check-up dan seminar kesehatan bagi seluruh karyawan. Diharapkan, dengan mengadakan kegiatan tersebut karyawan dapat mengontrol dan mencegah beberapa penyakit yang timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti bahaya kolesterol dan penyakit jantung. Selain itu, Perseroan juga menyediakan klinik bagi karyawan yang sedang sakit atau membutuhkan pertolongan pertama saat  berada di lingkungan Perseroan. 

 

 

Pink Talk

Dalam rangka menyambut bulan kepedulian Kanker Payudara, pada bulan Oktober 2017 lalu Perseroan bekerja sama dengan Yayasan Love Pink mengadakan Pink Talk, yaitu Talk Show terkait dengan pentingnya melakukan deteksi dini Kanker Payudara. Dalam acara ini juga, Perseroan mengajak karyawan untuk berperan aktif untuk menjadi Pink Warriors, yaitu agen kepedulian kanker payudara dengan berbagi pengetahuannya terkait pentingnya deteksi dini kanker payudara kepada keluarga dan rekan-rekannya.

 

Pojok ASI

Perseroan juga ikut mendukung pemberian ASI esklusif dengan menyediakan Pojok ASI bagi tenaga kerja wanita yang sedang menyusui.

Menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)

Untuk keselamatan dan kesehatan kerja, Perseroan telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Penerapan ini merupakan komitmen Perseroan terhadap mutu, keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan bagi seluruh manajemen, karyawan dan masyarakat. Untuk mendukung penerapan tersebut, Perseroan secara rutin mengikutsertakan karyawan dan mengadakan beberapa pelatihan antara lain, latihan evakuasi kebakaran, melakukan pengecekan alat-alat APAR (Alat Pemadam Api Ringan), hingga pelatihan terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Atas upaya Perseroan dalam memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja, pada tahun 2017 Perseroan menerima Sertifikat Penghargaan terkait penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja dari Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

 

  • Menghormati Kebebasan Karyawan dalam Berserikat & Berunding

Perseroan menghormati hak karyawannya untuk melaksanakan hak-hak mereka yang sah, untuk berunding bersama. Hal ini dibuktikan dengan adanya Serikat Pekerja yang selalu dilibatkan dalam pembuatan Perjanjian Kerja Bersama.

Selain itu, sebagai wujud komitmen Perseroan dalam menciptakan masa depan karyawan yang lebih sejahtera, Perseroan juga menyelenggarakan Pelatihan Persiapan Pensiun dan program Dana Pensiun Pemberi Kerja dengan sistim manfaat pasti dimana mulai tahun 2014 Perseroan menerapkan sistim iuran pasti untuk keanggotaan yang baru. Pada mulanya, Dana Pensiun didirikan dan dikelola oleh Yayasan Tancho Indonesia sejak tahun 1992. Namun pada tahun 1996 telah dirubah menjadi Dana Pensiun Mandom Indonesia. Perubahan tersebut dilakukan seiring dengan ketentuan Undang-Undang No.11 Tahun 1992 Tentang Dana Pensiun. Pada saat ini Dana Pensiun memiliki 1.586 peserta.

Perseroan berkomitmen akan senantiasa meningkatkan kepedulian terhadap karyawannya, baik dari segi kesehatan, keamanan, keselamatan kerja hingga pengembangan karirnya dari waktu ke waktu. Dan diharapkan hal tersebut dapat menurunkan tingkat turn over karyawan yang di tahun 2017 tercatat sebesar 2%.

Adapun total biaya yang dikeluarkan Perseroan untuk kegiatan tanggung jawab sosial sepanjang tahun 2017 adalah sebesar  dengan rincian sebagai berikut :

           - Ketenagakerjaan             : Rp 3,0 miliar

           - Lingkungan                       : Rp 750 juta