Facebook Twitter In
Flag

 

 

TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Perseroan berkomitmen untuk mewujudkan bisnis yang bersinergi dengan lingkungan dan kehidupan sosial. Hal tersebut tertanam alam salah satu budaya Perseroan yaitu KohDoh for Environmental Preservation & Philanthropy. Oleh karenanya, selain menjalankan aktivitas bisnis, Perseroan juga melakukan beberapa program tanggung jawab sosial yang terdiri dari beberapa aspek, antara lain Lingkungan, Sosial dan Pendidikan, Quality Assurance dan Ketenagakerjaan.

TANGGUNG JAWAB PERSEROAN TERHADAP LINGKUNGAN

Perseroan berkomitmen untuk terus menciptakan pertumbuhan bisnis yang sejalan dengan peningkatan kualitas lingkungan. Untuk itu, Perseroan berupaya mewujudkan kegiatan bisnis yang ramah bagi lingkungan dengan cara :

 

  • Melakukan Pengolahan dan Pengawasan Limbah

Salah satu upaya yang dilakukan Perseroan dalam menjaga lingkungan adalah membangun instalasi pengolahan limbah agar limbah yang dihasilkan aman bagi lingkungan sekitar.

Setiap hari air olahan limbah dikontrol secara ketat oleh tim pemantau limbah dan Departemen Quality Control. Selain itu, limbah juga dipantau setiap bulan oleh pengelola Kawasan Industri MM 2100, Bekasi. Hasil pemantauan dan controlling yang telah dilakukan, dilaporkan setiap 6 bulan sekali ke Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) dan dimasukkan ke Laporan Implementasi Rencana Pengelolaan Lingkungan dan Rencana Pemantauan Lingkungan (RKL & RPL) yang kemudian dilaporkan ke Kementerian Lingkungan Hidup.

Sedangkan untuk limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3), Perseroan telah memiliki izin untuk menyimpan sementara limbah B3, yang kemudian limbah tersebut diangkut oleh pihak ketiga.

  • Mewujudkan Lingkungan Kerja yang Sehat

Dalam upaya menjaga kualitas udara di lingkungan Perseroan, penghijauan di sekitar Perseroan terus dilakukan, selain itu Perseroan juga secara rutin melakukan uji emisi terhadap kendaraan boiler maupun emisi cerobong. Sedangkan untuk menjaga lingkungan kerja, Perseroan secara rutin melakukan pengecekan ambient (kondisi udara) ruang produksi dan kebisingan ruangan.

  • Menciptakan Produk yang Aman Bagi Lingkungan

Perseroan berkomitmen untuk menciptakan produk yang berkualitas tinggi dengan yang tetap bersinergi baik dengan lengkungan. Oleh karenanya dalam pengembangan produk Perseroan senantiasa menerapkan kebijakan 3R, yaitu Reduce, Reuse dan Recycle tanpa harus mengurangi kepuasan konsumen dari segi mutu, fungsi dan desain. Hal tersebut diwujudkan Perseroan dengan menawarkan produk kemasan refill pada beberapa produknya, seperti GATSBY Body Shower Gel, PIXY Two Way Cake, dan lain-lain. Selain itu, mulai tahun 2015 Perseroan juga secara bertahap mengganti polyethylene sebagai bahan baku microbeads yang sulit terurai, digantikan dengan bahan baku yang lebih ramah lingkungan. Upaya ini diharapkan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh Perseroan terhadap lingkungan.

TANGGUNG JAWAB PERSEROAN DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG TERUS BERKEMBANG

Perseroan percaya, kegiatan bisnis akan terus berkembang jika dapat bermanfaat bagi setiap elemen masyarakat. Dalam upaya mewujudkan hal tersebut sepanjang tahun 2016 Perseroan telah menyelenggarakan dan ikut berpartisipasi dalam beberapa kegiatan sosial, antara lain:

  • Kerjasama Handsome & Beauty Class dengan Lembaga Pendidikan

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang personal care dan produk kecantikan, Perseroan senantiasa ingin menanamkan pentingnya menjaga penampilan bagi seluruh masyarakat, termasuk generasi muda. Untuk mewujudkan hal tersebut, Perseroan telah menanda-tangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa Universitas dan Lembaga Pendidikan di berbagai daerah di Indonesia dalam mengadakan Beauty Class dan Handsome Class bagi peserta didik. Dengan adanya kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga penampilan dan menghargai tubuh mereka.

 

  • Kerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Perseroan berkomitmen untuk terus mendukung dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia. Salah satunya diwujudkan dengan menjalin kerja sama dengan SMK di wilayah DKI Jakarta untuk memberikan pelatihan soft skill seperti marketing skills, etika, pelatihan kerja, serta persiapan memasuki dunia kerja. Diharapkan dengan adanya program ini, siswa-siswi yang mendapatkan pelatihan dan kesempatan pelatihan kerja bisa cepat diserap oleh dunia kerja.

  • Mandom Indonesia Peduli Gempa Garut

Sehubungan dengan adanya bencana banjir bandang yang terjadi di Garut pada semester 2 tahun lalu, pada tahun 2016 PT Mandom Indonesia Tbk  berserta karyawan bekerja sama dalam membantu meringankan beban para korban dengan memberikan sumbangan berupa alat tulis maupun produk Perseroan yang bermanfaat bagi para pengungsi dalam menjaga kebersihan.



TANGGUNG JAWAB PERSEROAN TERHADAP KONSUMEN

Komitmen dalam menjaga kepercayaan konsumen diwujudkan Perseroan dengan menciptakan produk terbaik bagi konsumen. Dalam proses produksinya, Perseroan secara ketat melakukan pengawasan proses produksi dari mulai proses awal hingga produk sampai ditangan konsumen. Selain  itu, Perseroan juga secara teliti melakukan tes terhadap bahan baku yang digunakan sesuai dengan standar Mandom Corporation, Jepang juga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu, seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk Halal, pada tahun 2016 beberapa produk Perseroan telah mendapatkan sertifikat halal. Dengan adanya sertifikasi halal pada produk Perseroan, diharapkan dapat meningkatkan rasa aman & nyaman bagi konsumen dalam menggunakan produk Perseroan.

Sementara itu, dalam upaya menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, Perseroan juga menyediakan layanan suara konsumen melalui saluran telepon dan akun  media sosial agar konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi maupun menyampaikan keluhan dan saran mengenai produk-produk Perseroan.

TANGGUNG JAWAB PERSEROAN DALAM MENCIPTAKAN KARYAWAN YANG TERUS BERKEMBANG

Sesuai dengan nama Perseroan “Mandom” yang berarti “Human & Freedom”, Perseroan senantiasa menghargai manusia dan kebebasan. Untuk itu, Perseroan terus berupaya menciptakan lingkungan dan suasana kerja yang kondusif, serta memenuhi hak-hak karyawan seperti, fasilitas kesehatan, keamanan & keselamatan dalam bekerja, hingga pengembangan karir.

Upaya tersebut dibuktikan Perseroan dengan diraihnya kembali sertifikasi WRAP (Worldwide Responsible Accredited Production) oleh Perseroan pada tahun 2016. Dengan mendapatkan sertifikasi WRAP, membuktikan bahwa Perseroan telah mengimplementasikan kegiatan bisnis yang aman dalam proses produksi, patuh terhadap peraturan perundang-undangan mengenai lingkungan, dan senantiasa memenuhi hak-hak karyawannya.

Adapun prinsip-prinsip WRAP yang menyangkut ketenagakerjaan sebagai berikut:

 

  • Tidak Melakukan Kerja Paksa Terhadap Karyawan              

Perseroan menjunjung tinggi hak para karyawannya. Sehingga dalam proses bisnisnya, Perseroan tidak akan mempekerjakan karyawannya secara paksa, tidak sukarela maupun perdagangan orang.  Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP (Standard Operating Procedure) mengenai Penggunaan Tenaga Kerja, dimana Perseroan secara aktif mengkomunikasikan larangan kerja paksa, mencantumkan larangan kerja paksa dalam surat kontrak kerja yang ditanda-tangani kedua belah pihak, melakukan pengecekan fisik terhadap pekerja setiap datang dan pulang sesuai norma kesopanan, dan secara rutin petugas melakukan pengecekan untuk memastikan tidak adanya praktik kerja paksa di lingkungan Perseroan.

  • Tidak Mempekerjakan Pekerja Dibawah Umur

Dalam kegiatan bisnisnya, Perseroan tidak mempekerjakan tenaga kerja dibawah umur. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP Larangan Penggunaan Tenaga Kerja Dibawah Umur, dimana Perseroan melakukan verifikasi umur terhadap calon karyawannya melalui data dan wawancara, serta mengkomunikasikan secara aktif larangan penggunaan pekerja dibawah umur kepada seluruh karyawan dan pihak outsourcing.

  • Melarang Keras Pelecehan dan Penyiksaan

Dalam kegiatan bisnisnya, Perseroan melarang keras pelecehan dan penyiksaan di lingkungan Perseroan. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP mengenai Larangan Pelecehan dan Penyiksaan, dimana Perseroan secara aktif mengkomunikasikan larangan pelecehan dan penyiksaan terhadap seluruh stakeholder, melakukan monitoring secara berkala, dan menjamin setiap pelaporan tindakan pelecehan dan penyiksaan akan ditindak-lanjuti secepatnya.

  • Memberikan Upah dan Manfaat sesuai Ketentuan

Perseroan senantiasa berupaya memberikan upah dan manfaat sesuai dengan standar yang ditentukan. Hal ini dilakukan sebagaimana yang tercantum pada Perjanjian Kerja Bersama, yang telah ditanda-tangani oleh Perseroan dan Serikat Pekerja.

  • Mempekerjakan Karyawan Sesuai Dengan Waktu yang Ditentukan

Perseroan senantiasa mempekerjakan karyawannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Adapun untuk penambahan jam kerja, telah disetujui oleh karyawan dengan mendapatkan penambahan upah sesuai jam kerja, dan penambahan jam kerja tidak akan melebihi batas waktu yang telah ditentukan.

  • Larangan Diskriminasi

Perseroan senantiasa mempekerjakan, menggaji dan mempromosikan karyawan secara objektif tanpa melihat SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan). Sehingga kegiatan pengembangan karir menjadi hak seluruh pekerja. Hal ini dibuktikan dengan penyelenggaraan kegiatan pengembangan karir yang diberlakukan bagi seluruh karyawan, yang telah disesuaikan dengan masing-masing jabatan, sehingga diharapkan pengembangan karir dapat dilakukan secara maksimal. Beberapa training yang diikuti oleh karyawan di tahun 2016 antara lain:

 

No.Training
1 25th ASEAN Cosmetic Committee
2 HIRADC (Hazzard Identification Risk Assessment Determining Controlling)
3 Ahli K3 Kimia & Listrik
4 Penerapan Kemasan Ramah Lingkungan (Eco Packaging) di Sektor Industri
5 ISO 9001:2015 Lead Auditor Course
6 Marketing Battle Plan 2017
7 The importance of hygiene products with antibacterial agent to increase home and personal hygiene
8 Drug Administration of Vietnam
9 Auditor SMK3
10 Pelatihan Sistem Jaminan Halal
11 Creative Cash Flow Reporting
12 Excellent Safety Leadership
13 Jaminan Pensiun dan PP Pengupahan

 

Selain itu, untuk karyawan baru, Perseroan juga menyelenggarakan New Employee Orientation Progaram (NEOP), yaitu program orientasi karyawan baru yang bertujuan agar karyawan bisa mengetahui hak-nya sebagai karyawan, dan memahami bisnis Perseroan secara keseluruhan.

  • Senantiasa Memperhatikan Kesehatan, Keamanan dan Keselamatan Kerja

Dalam menjaga kesehatan para karyawan, Perseroan secara rutin  menyelenggarakan medical check-up dan seminar kesehatan bagi seluruh karyawan. Diharapkan, dengan mengadakan kegiatan tersebut karyawan dapat mengontrol dan mencegah beberapa penyakit yang timbul akibat gaya hidup yang tidak sehat seperti bahaya kolesterol dan penyakit jantung.

Selain itu, Perseroan juga menyediakan klinik bagi karyawan yang sedang sakit atau membutuhkan pertolongan pertama saat  berada di lingkungan Perseroan. Perseroan juga ikut mendukung pemberian ASI esklusif dengan menyediakan Pojok ASI bagi tenaga kerja wanita yang sedang menyusui.

Sedangkan untuk keamanan dan keselamatan kerja, Perseroan secara rutin mengikutsertakan karyawan dan mengadakan beberapa pelatihan antara lain, latihan evakuasi kebakaran, melakukan pengecekan alat-alat APAR (Alat Pemadam Api Ringan), hingga pelatihan terkait keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Pada tahun 2016 Perseroan telah menambah beberapa Ahli K3 di bidang Kimia, Umum dan Kebakaran.

 

  • Menghormati Kebebasan Karyawan dalam Berserikat & Berunding

Perseroan mengakui dan menghormati hak karyawannya untuk melaksanakan hak-hak mereka yang sah, untuk berunding bersama. Hal ini dibuktikan dengan adanya Serikat Pekerja yang selalu dilibatkan dalam pembuatan Perjanjian Kerja Bersama.

Sementara itu, dalam upaya mewujudkan masa depan karyawan yang lebih sejahtera, Perseroan juga menyelenggarakan Pelatihan Persiapan Pensiun dan program Dana Pensiun Pemberi Kerja dengan sistim manfaat pasti dimana mulai tahun 2014 Perseroan menerapkan sistim iuran pasti untuk keanggotaan yang baru. Pada mulanya, Dana Pensiun didirikan dan dikelola oleh Yayasan Tancho Indonesia sejak tahun 1992. Namun pada tahun 1996 telah dirubah menjadi Dana Pensiun Mandom Indonesia. Perubahan tersebut dilakukan seiring dengan ketentuan Undang-Undang No.11 Tahun 1992 Tentang Dana Pensiun.

Kedepannya, Perseroan akan senantiasa meningkatkan kepedulian terhadap karyawannya, baik dari segi kesehatan, keamanan, keselamatan kerja hingga pengembangan karirnya. Dan diharapkan hal tersebut dapat menurunkan tingkat turn over karyawan yang di tahun 2016 tercatat sebesar 3%.

Adapun total biaya yang dikeluarka Perseroan untuk kegiatan tanggung jawa sosial sepanjang tahun 2016 adalah sebesar Rp 4,1 miliar dengan rincian sebagai berikut :

           - Ketenagakerjaan             : Rp 3,3 miliar

           - Lingkungan                  : Rp 800 juta